China Kirim 8 Pesawat Militernya ke Wilayah Udara Taiwan

Agregasi VOA, · Kamis 25 Juni 2020 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 18 2236005 china-kirim-8-pesawat-militernya-ke-wilayah-udara-taiwan-1jButHkqge.jpg Jet tempur F-16 Taiwan mengawal pesawat bomber H-6K China di dekat Pulau Okinawa, Jepang, 11 Mei 2018. (Foto: AFP)

PESAWAT-pesawat militer China telah enam kali memasuki wilayah pertahanan udara Taiwan dalam sepekan terakhir. Menurut Taipei, sepanjang Juni, total delapan kali pesawat China melakukan pelanggaran tersebut.

Meskipun Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mencegat dan mengawal setiap pesawat China militer China keluar dari wilayah pertahanan udaranya dan memperingatkan warga untuk waspada, para analis meyakini bahwa tindakan itu merupakan peringatan dari Beijing, sekaligus untuk membantu melatih pasukan China jika terjadi konflik di kawasan tersebut.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah terlibat sengketa perdagangan dengan China selama dua tahun ini. Washington juga menuduh Beijing terlalu lama mengabaikan Covid-19 pada awal tahun ini dan mengirim kapal-kapal angkatan lautnya di perairan Asia untuk mengontrol ekspansi China.

Kapal-kapal Angkatan Laut AS sepanjang tahun ini telah enam kali berlayar melewati selat yang memisahkan Taiwan dari China, suatu hal yang membuat jengkel Beijing.

China mengklaim kedaulatan atas Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri dan marah pada negara-negara lain yang mendukung Taiwan. Angkatan Laut AS juga telah melakukan empat “operasi kebebasan berlayar” di Laut China Selatan di dekat Taiwan sepanjang tahun ini.

Derek Grossman, analis pertahanan senior di lembaga riset RAND Corp mengatakan, tindakan China itu tidak hanya ditujukan untuk Taiwan saja, tetapi jelas juga merupakan pesan bagi AS. Dia mengatakan bahwa China berupaya sekuat tenaga untuk mengirim isyarat kepada AS agar tidak berhubungan hangat dengan Taiwan seperti dalam beberapa tahun terakhir ini.

China tidak memiliki pengalaman militer sejak perangnya di darat dengan Vietnam pada 1970-an dan ingin berlatih untuk menghadapi hal-hal baru apapun yang muncul, jelas para pakar.

Di atas kertas, China memiliki angkatan bersenjata terkuat ketiga di dunia dan telah membuat kesal negara-negara Asia lainnya karena membangun infrastruktur militer di pulau-pulau kecil yang disengketakan di Laut China Selatan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini