Pemuda Ini Dipenjarakan karena Curi Singkong untuk Dimakan

Eris Utomo, iNews · Kamis 30 Juli 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 519 2254567 pemuda-ini-dipenjarakan-karena-curi-singkong-untuk-dimakan-MEY7ghyVhw.jpg Ilustrasi

BANYUWANGI - YG, remaja 18 tahun, tersangka pencurian singkong milik Perkebunan Kali Bendo, Banyuwangi, Jawa Timur, hingga Kamis (30/07/2020), masih menjalani pemeriksaan penyidik Polsek Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur.

Ia ditangkap polisi akibat mencuri singkong untuk dimakan. YG dijerat Pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. Sementara, keluarga YG berharap diberikan maaf dari pihak perkebunan, dan dibebaskan dari jerat hukum, demi masa depan YG.

Sejak diserahkannya YG oleh pihak Perkebunan Kali Bendo, Banyuwangi, kepada aparat kepolisian Polsek Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur, pada 24 juli 2020 lalu, hingga Kamis (30/07/2020) pagi, masih menjalani pemeriksaan penyidik.

YG dijemput pihak perkebunan di rumahnya, sesaat setelah menikmati singkong hasil curiannya tersebut bersama SF (16), untuk dibawa ke kantor Perkebunan Kali Bendo.

Tak lama berselang, pihak Perkebunan Kali Bendo menyerahkan YG dan SF kepada pihak kepolisan Polsek Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur, berikut barang bukti berupa singkong yang diperkirakan sebanyak 10 kilogram.

Dalam pemeriksaan tersebut, YG mengakui mengambil singkong milik perkebunan beberapa umbi saja untuk dimakan dengan cara dibakar, pada malam hari, bersama SF.

Namun YG tidak mengetahui asal usul singkong dalam karung yang dijadikan barang bukti tersebut. Menurutnya, singkong yang diambil dari perkebunan, telah habis dibakar dan untuk dimakan.

Sementara, pihak keluarga YG yang tinggal di rumah sederhana di Dusun Buluhpayung, Desa Buluhsari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur tersebut, berharap diberikan maaf dari pihak Perkebunan Kali Bendo, dan dibebaskan dari sel tahanan kepolisian.

Pihak keluarga pun yang dalam kehidupan sehari–hari mencari pakis di hutan tersebut, sanggup mengganti kerugian Perkebunan Kali Bendo, senilai singkong yang dimakan YG bersama SF.

Kini, YG masih menginap di sel tahanan Polsek Glagah, dengan jeratan Pasal 363 KUHP, dan diancam hukuman lima tahun penjara. Sementara SF harus mengikuti wajib lapor ke Polsek Glagah, karena usaianya yang masih dibawah umur.

(kha)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini