Pesta Sabu di Kebun, 3 Orang Ditangkap Salah Satunya Oknum Polisi

Azhari Sultan, Okezone · Minggu 25 Oktober 2020 22:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 340 2299362 pesta-sabu-di-kebun-3-orang-ditangkap-salah-satunya-oknum-polisi-JOFRrUb0uk.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAMBI - Satreskoba Polres Tanjungjabung Timur, Jambi berhasil menggerebek 3 orang pelaku yang diduga lagi asik pesta narkoba jenis sabu, di sebuah pondok kebun milik warga di Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi.

Ironisnya, salah seorang diantara pelaku adalah oknum polisi yang berdinas di Polres Muarojambi. Dari tangan mereka, petugas menyita barang bukti 7 paket sabu berukuran sedang seberat 13,93 gram.

Kapolres Tanjab Timur, AKBP Deden Nurhidayatullah melalui Kasat Narkoba, Iptu P Ojak Sitanggang saat dihubungi membenarkan adanya penangkapan tersebut.

"Ketiga pelaku kita amankan di salah satu pondok kebun milik warga di Kecamatan Muara Sabak Barat," ungkap Ojak, Minggu (25/10/2020).

 penangkapan

Terungkapnya kasus tersebut, bermula saat anggota Satresnarkoba Polres Tanjab Timur mendapat informasi dari masyarakat.

Informasi tersebut menyebutkan, bahwa sering terjadi transaksi narkotika jenis sabu di Kecamatan Sabak Barat tepatnya didalam perkebunan sawit warga. Tidak menyia-nyiakan informasi tersebut, petugas langsung melakukan penyelidikan di daerah Parit Culum, Kecamatan Sabak Barat.

Benar saja, saat melakukan penggrebekan di lokasi perkebunan sawit, beberapa orang keluar dari pondok (diduga base camp) sebagai tempat penyalahgunaan narkotika.

Di saat anggota turun dari mobil, beberapa diduga pelaku langsung melarikan. Naas, 3 orang pelaku berhasil diamankan petugas.

"Ketiganya kita lakukan penggeledahan badan dan barang terhadap mereka. Dua orang pelaku, berinisial MR dan AS tidak ditemukan barang bukti," ujarnya.

Namun, saat dilakukan penggeledahan tas yang dipegang pelaku berinisial FH, petugas memukan barang bukti berupa 1 buah kotak plastik yang di dalamnya berisikan 7 buah paket plastik klip berukuran sedang yang diduga narkotika jenis sabu-sabu.

"Saat diinterogasi, FH mengakui bahwa 7 klip narkotika jenis sabu tersebut di dapatnya dengan cara membeli dari pelaku BH yang beralamat di Desa Danau Kedap, Kabupaten Muarojambi," tukas Ojak.

Tidak hanya itu, anggota narkoba juga melakukan penggeledahan di dalam pondok tersebut. Di situ, petugas menemukan 2 alat hisab sabu (bong) yang tergeletak di atas lantai dan satu tas kecil warna pink yang di dalamnya berisikan timbangan digital dan plastik klip kosong yang berisikan ratusan bungkus klip kosong.

"Saat ditimbang, berat brutto sabu tersebut 13,93 gram," imbuhnya.

Guna penyelidikan lebih lanjut, para pelaku termasuk oknum Polri yang berdinas di Polres Muarojambi masih ditahan di Polres Tanjab Timur.

Akibat perbuatannya, mereka dikenakan Pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 112 ayat (2) UU Nomor 35 Tahun 2009. Tidak hanya itu, mereka terancam pidana minimal 6 tahun atau maksimal 20 tahun penjara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini