Insiden Mobil Tabrak Masjidil Haram Terjadi Saat Banyak Jamaah Umrah

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 31 Oktober 2020 11:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 18 2301936 insiden-mobil-tabrak-masjidil-haram-terjadi-saat-banyak-jamaah-umrah-3SwJ4hVmK9.jpg Foto: Okezone.

SEBUAH mobil sedan menabrak salah satu pintu masuk Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, pada Jumat (30/10/2020). Untungnya, kejadian mengejutkan itu tidak menyebabkan korban atau kerusakan berat di masjid suci umat Muslim tersebut.

Menurut keterangan juru bicara resmi Makramah Al Mukarah yang dilansir media, mobil sedan menghantam pintu masuk 89, yang terletak di area selatan Masjidil Haram. Benturan yang terjadi menyebabkan pintu rusak dan membuat mobil pelaku tersangkut.

BACA JUGA: Mobil Tabrak Masjidil Haram, Kakbah Aman

Sejauh ini belum diketahui motif pelaku melakukan aksinya. Pintu 89 adalah salah satu dari 93 pintu yang dimiliki Masjidil Haram, menurut peta yang diterbitkan oleh Kerajaan Arab Saudi.

Masjid suci umat Muslim itu memiliki empat gerbang utama, yaitu:

1. King Fahad Gate

2. King Abdul Aziz Gate

3. Fateh Gate

4. King Abdullah Gate

Selain itu, terdapat juga pintu umrah, atau Umrah Gate, yang terletak di antara gerbang King Fahad dan King Abdullah. Gerbang dan pintu-pintu ini mengelilingi Kakbah yang terletak di dalam Masjidil Haram.

Insiden mobil menabrak Masjidil Haram terjadi saat Arab Saudi baru mulai membuka kembali ibadah umrah, yang sempat ditutup selama beberapa bulan karena pandemi. Pembukaan umrah dilakukan secara bertahap dengan kuota jamaah yang dibatasi setiap harinya.

BACA JUGA: Penabrak Masjidil Haram Gunakan Kain Ihram, Kondisinya Tak Normal

Pemerintah Arab Saudi membuka umrah dalam empat tahap. Saat ini di tahap kedua, Masjidil Haram dibuka untuk sekira 250 ribu jamaah umrah dan 600 ribu jamaah sholat, atau 75% dari kapasitas totalnya. Jamaah sementara ini dibatasi untuk warga lokal dan ekspatriat.

Pekan lalu, mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mendapatkan kesempatan umrah di tengah suasana pandemi, saat melakukan kunjungan ke Arab Saudi untuk menandatangani Naskah Perjanjian Kerjasama Pendirian dan Pembangunan Gedung Pameran dan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam di Indonesia dengan Pihak Liga Dunia Islam di Riyadh, Saudi Arabia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini