Electoral College Resmi Tetapkan Kemenangan Biden di Pilpres AS 2020

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 15 Desember 2020 06:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 18 2327749 electoral-college-resmi-tetapkan-kemenangan-biden-di-pilpres-as-2020-xAUT5XtKLN.JPG Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden. (Foto: Reuters)

WASHINGTONJoe Biden pada Senin (14/12/2020) secara resmi ditetapkan sebagai pemenang pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) oleh Electoral College yang menyertifikasi hasil pemungutan suara di setiap negara bagian. Penetapan ini sekaligus mengakhiri upaya petahana Donald Trump untuk membalikkan kekalahannya dalam pemungutan suara 3 November.

California, negara bagian terpadat, memberikan 55 suara elektoral untuk Biden pada Senin sore, secara resmi menempatkan perolehan suara sang mantan wakil presiden di atas 270, yang diperlukan untuk duduk di Gedung Putih. Berdasarkan hasil pemungutan suara November, Biden memperoleh 306 suara Electoral College berbandung 232 yang diperoleh Trump.

BACA JUGA: Hasil Pilpres AS Akan Segera Disertifikasi, Trump Masih Klaim Kemenangan

Sebelumnya di hari yang sama, para elector di beberapa negara bagian utama, yang hasilnya disengketakan Trump: Arizona, Georgia, Michigan, Nevada, Pennsylvania, dan Wisconsin, juga memberikan suaranya kepada Biden.

BACA JUGA: Menolak Hasil Pilpres, Pendukung Donald Trump Unjuk Rasa di Seluruh AS

Biasanya hanya formalitas, pemungutan suara Electoral College kali ini dianggap sangat penting karena klaim Trump yang tidak berdasar atas penipuan yang meluas.

Biden telah merencakanan pidato pada Senin malam untuk membahas hasil Electoral College dan menyerukan kepada orang Amerika untuk “move on” dari era Trump.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini