Sempat Terkendala Ketegangan Diplomatik, Properti Konsulat AS di Hong Kong Dijual Rp4,6 Triliun

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 25 Februari 2021 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 18 2368323 sempat-terkendala-ketegangan-diplomatik-properti-konsulat-as-di-hong-kong-dijual-rp4-6-triliun-p2OWTQgLdP.jpg Foto: Reuters.

HONG KONG - Konsulat Amerika Serikat (AS) di Hong Kong, China telah menyelesaikan penjualan properti bernilai jutaan dolar yang sebelumnya dibekukan setelah Beijing menolak memberikan izin, demikian diumumkan pada Kamis (25/2/2021).

Kesepakatan untuk enam bangunan mewah di lingkungan kaya Hong Kong itu akan membuat Departemen Luar Negeri AS mengantongi sekitar USD330 juta (sekira Rp4,6 triliun).

BACA JUGA: Laporan Pentagon Sebut China Pertimbangkan Bangun Pangkalan Militer di Indonesia

Penjualan tersebut sebelumnya diumumkan tahun lalu tetapi kemudian tiba-tiba ditunda pada Desember, tampaknya dampak dari meningkatnya ketegangan antara AS dan China. Beijing bersikeras bahwa penjualan itu bukan transaksi properti biasa dan membutuhkan persetujuan khusus.

Pada Kamis, Hang Lung Properties, pembeli properti tersebut, mengatakan bahwa penjualan sekarang telah diproses setelah Washington memperoleh persetujuan tertulis dari Beijing.

"Penyelesaian akuisisi properti oleh tender berlangsung pada 25 Februari 2021," kata perusahaan dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir Channel News Asia.

BACA JUGA: Dubes China Sebut AS Picu Perang Dingin Baru karena Pilpres

Tempat tinggal, yang terletak di lereng bukit dengan pemandangan laut di salah satu lingkungan paling mewah di Hong Kong, sebelumnya digunakan untuk menampung staf.

AS dan China telah berselisih selama berbulan-bulan karena perdagangan, hak asasi manusia, dan tindakan keras di Hong Kong, dengan Beijing semakin bersedia menggunakan kekuatan ekonominya untuk melawan apa yang dikatakannya sebagai campur tangan Amerika dalam urusan dalam negeri.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini