Kapal Kargo Israel Meledak di Teluk Oman, Netanyahu Salahkan Iran

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 01 Maret 2021 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 18 2370145 kapal-kargo-israel-meledak-di-teluk-oman-netanyahu-salahkan-iran-4vmZOoXwIG.jpg Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. (Foto: Reuters)

TEL AVIV - Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada Senin (1/3/2021) menuding Iran bertanggung jawab atas ledakan yang terjadi di kapal kargo Israel di Teluk Oman. Ledakan di atas kapal MV Helios Ray itu terjadi pada Kamis (25/2/2021) dan tidak menimbulkan korban jiwa.

"Ini memang operasi Iran. Itu jelas," kata Netanyahu kepada Kan Radio, Senin.

Ketika ditanya apakah Israel akan membalas atas insiden tersebut, Netanyahu mengulangi pernyataan sebelumnya tentang upayanya untuk mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir.

BACA JUGA: Netanyahu: Iran Pengacau & Harus Dihentikan!

Diwartakan Sputnik, komentar itu disampaikan Netanyahu sehari setelah Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz menegaskan bahwa Iran bertanggung jawab atas ledakan, yang menyebabkan beberapa lubang di pelabuhan dan sisi kanan kapal.

Ledakan itu tidak melumpuhkan kapal atau menyebabkan korban, tetapi mendorong kapal tersebut untuk berlabuh di Dubai untuk diperbaiki pada Sabtu (27/2/2021).

"Kami perlu terus menyelidiki. Iran ingin membahayakan Israel dan infrastruktur Israel. Kedekatannya dengan Iran mengarah pada penilaian bahwa ada kemungkinan bahwa ini adalah inisiatif Iran. Kami berkomitmen untuk terus memeriksa," kata Gantz.

BACA JUGA: Tak Ingin Terlibat, PM Israel Sebut Pembunuhan Jenderal Iran "Aksi AS"

Sebelumnya, perusahaan manajemen risiko maritim Dryad Global dalam sebuah cuitan di Twitter pada Jumat (26/2/2021) mengatakan bahwa ledakan itu mungkin berasal dari "aktivitas asimetris oleh militer Iran". Teheran belum mengomentari masalah tersebut.

Dryad Global juga mengklaim bahwa ledakan itu terjadi ketika kapal dengan 28 awak di dalamnya berada sekitar 44 mil laut dari ibu kota Oman, Muscat.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini