Kilang Minyak Balongan Terbakar Hebat, Listrik Ribuan Pelanggan PLN Padam

Arif Budianto, Koran SI · Senin 29 Maret 2021 07:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 525 2385662 kilang-minyak-balongan-terbakar-hebat-listrik-ribuan-pelanggan-pln-padam-34kE3n7LBY.jpg Kilang minyak terbakar. (Foto: Fathnur R)

BANDUNG - Ribuan pelanggan listrik PLN di wilayah Balongan, Indramayu, Jawa Barat padam, akibat ledakan dam kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan, Senin (29/3/2021) dini hari. Padamnya listrik di kawasan tersebut akibat enam gardu PLN terkena imbas kebakaran.

"Kurang lebih sebanyak enam gardu distribusi terdampak, akibat kebakaran di Kilang Minyak Balongan," jelas GM PLN UID Jawa Barat Agung Nugraha dalam keterangan resminya. 

Peristiwa kebakaran ini terjadi sekitar pukul 01.00 WIB, imbas dari kebakaran tersebut, 1.078 pelanggan terdampak. Sampai dengan pukul 05.00, menyisakan 1.018 yang masih belum berhasil dioperasikan.

Baca juga: Kebakaran Kilang Minyak Balongan, Suara Ledakan hingga Radius 20 Km

Sesaat sejak dimulainya gangguan dini hari tadi, PLN langsung mengupayakan manuver jaringan untuk mengantisipasi meluasnya dampak gangguan. PLN juga menerjunkan personel dan petugas pelayanan teknis, selain itu juga melakukan upaya pengamanan aset PLN.

“Kami turut prihatin dengan apa yang terjadi saat ini, kami terus akan mengupayakan penormalan jaringan dan bekerjasama dengan pemerintah dan aparat agar listrik kembali menyala, beberapa lokasi harus kami lakukan survei terlebih dahulu demi keamanan masyarakat,” ujar Agung Nugraha.

Baca juga: Begini Penampakan Kebakaran Hebat Kilang Minyak Balongan, Asap Tebal Membubung Tinggi

Bagi Pelanggan yang ingin mengetahui informasi kondisi kelistrikan Jawa Barat, pelanggan dapat mengakses informasi layanan dan pengaduan, pelanggan dapat menggunakan Aplikasi New PLN Mobile yang diunduh melalui Google Playstore atau AppStore, maupun melalui Contact Center PLN 123 yang dapat diakses 24 Jam setiap harinya.

Akibat kejadian itu sedikitnya 15 orang mengalami luka ringan dan 5 orang lainnya mengalami luka berat. Selain korban luka, sebagian warga ada yang diungsikan.

Mereka diungsikan di dua lokasi berbeda, yaitu di GOR PB dengan jumlah pengungsi sebanyak 220 orang dan Pendopo Kantor Bupati Indramayu, sekitar 300 orang.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini