Jadi Wali Kota Solo, Kira-kira Berapa Gaji Gibran Rakabuming Raka?

Agregasi Solopos, · Minggu 16 Mei 2021 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 16 512 2410777 jadi-wali-kota-solo-kira-kira-berapa-gaji-gibran-rakabuming-raka-z9y5zsbmT9.jpg Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Dok. Antara)

SEJAK dilantik pada akhir Februari 2021,  Gibran Rakabuming Raka mengaku tak pernah mengecek gajinya selama menjabat sebagai kepala daerah.

putra Presiden Jokowi itu lebih memilih gajinya sebagai Kepala Daerah Solo selama ini dibelikan sembako. Di mana sembako tersebut dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan saat dia blusukan.

BACA JUGA: Gibran Pecat Lurah Gajahan Terkait Pungli Zakat

Lalu, kira-kira berapa sih gaji Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo?

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59/2000 tentang Hak Keuangan/Administratif Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah/dan Bekas Kepala Daerah/Bekas Wakil Kepala Daerah serta Janda/Dudanya, gaji pokok orang nomor satu di Solo itu berkisar Rp2,1 juta per bulan.

Meski kecil, masih ada tunjangan yang mengikuti dan nilainya cukup besar. Bahkan, tunjangan Gibran sebagai Wali Kota Solo nilainya jauh lebih besar dibandingkan gaji pokoknya.

BACA JUGA: Tepati Janji Langsung Kerja Usai Dilantik, Gibran Pantau Vaksinasi Covid-19 Pedagang

Salah satu tunjangan yang diperoleh Gibran adalah tunjangan jabatan dengan besaran Rp3,78 juta per bulan, sebagaimana diatur dalam Perpres Nomor 68/2001 tentang Jabatan Bagi Pejabat Negara Tertentu.

Selain itu, seorang kepala daerah juga mendapatkan tunjangan beras, anak, istri, BPJS Kesehatan dan juga BPJS Ketenagakerjaan.

Biaya Penunjang Operasional Wali Kota Solo Gibran

Di luar gaji pokok dan tunjangan sebagai Wali Kota Solo, Gibran juga memperoleh biaya penunjang operasional bulanan. Untuk besarannya sendiri tiap daerah berbeda-beda tergantung Pendapatan Asli Daerah atau PAD.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, PAD Kota Solo terakhir pada 2019 mencapai Rp545.791.815.386.

Dengan besaran PAD tersebut dan merujuk pada PP Nomor 109/2000 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, tunjangan operasional Wali Kota Solo paling kecil adalah Rp600 juta dan paling tinggi Rp3 miliar.

Bukan hanya gaji, tunjangan dan biaya operasional, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka juga mendapatkan fasilitas rumah dinas dan kendaraan dinas. Sebagaiana diatur dalam Pasal 6 dan Pasal 7 PP 109/2000.

"Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah disediakan masing-masing sebuah rumah jabatan beserta perlengkapannya dan biaya pemeliharaan," bunyi Pasal 6.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini