Varian Delta Melonjak, Filipina Larang Wisatawan dari Thailand dan Malaysia

Susi Susanti, Koran SI · Sabtu 24 Juli 2021 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 24 18 2445360 varian-delta-melonjak-filipina-larang-wisatawan-dari-thailand-dan-malaysia-QAKvNCQX48.jpg Filipina larang wisatawan dari Malaysia dan Thailand (Foto: AFP)

FILIPINAFilipina memasukkan Thailand dan Malaysia dalam daftar larangan perjalanan karena lonjakan kasus Covid-19 di sana yang diyakini dipicu oleh varian Delta.

Juru Bicara Kepresidenan Harry Roque pada Jumat (23/6), mengatakan wisatawan dari kedua negara ini dilarang memasuki Filipina mulai 25 hingga 31 Juli.

Termasuk juga orang-orang yang telah ke Thailand atau Malaysia dalam 14 hari terakhir tetapi datang dari negara lain.

Mereka yang dijadwalkan tiba di Filipina dari Thailand dan Malaysia sebelum 25 Juli akan diizinkan masuk tetapi harus menjalani karantina selama 14 hari, terlepas dari hasil tes swab Covid-19.

(Baca juga: Sadis, Wanita Ini Tewas Digigit 6 Anjing Pitbull saat Bertemu Kekasihnya)

Namun, warga Filipina yang akan melakukan perjalanan ke Filipina dari Thailand dan Malaysia melalui repatriasi dan penerbangan komersial khusus akan diizinkan masuk ke negara itu, dengan tunduk pada aturan pengujian dan karantina.

Negara lain yang dicakup oleh larangan perjalanan Filipina adalah Indonesia, India, Bangladesh, Nepal, Sri Lanka, Oman, dan Uni Emirat Arab – negara-negara di mana varian Delta telah menyebar dengan cepat.

(Baca juga: Kisah Tenaga Kesehatan Lakukan Perjalanan 9 Jam, Mendaki Gunung, hingga Susuri Sungai agar Warga Dapat Vaksin Covid-19)

Di Filipina, total 47 kasus varian Delta telah diidentifikasi, 23 di antaranya merupakan kasus lokal. Departemen kesehatan mengkonfirmasi pada Kamis (22/7) jika sudah ada transmisi lokal dari varian yang ditakuti.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini