Gara-Gara Knalpot Bising dan Mengemudi Ugal-Ugalan, Pemilik BMW Digugat Tetangganya Rp72 Juta

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 30 Juli 2021 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 18 2448568 gara-gara-knalpot-bising-dan-mengemudi-ugal-ugalan-pemilik-bmw-digugat-tetangganya-rp72-juta-cvKf1bDf8S.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Knalpot kendaraan yang bising seringkali menimbulkan kejengkelan dan masalah bagi warga yang tinggal di lingkungan sekitar pemilik kendaraan. Kejengkelan tetangga terkadang bisa berubah menjadi konflik, bahkan gugatan hukum, seperti yang terjadi di California, Amerika Serikat (AS).

Kasus terhadap Bryan Hillman pertama kali mengemuka pada Mei lalu, saat dia digugat sebesar USD10.000 (sekira Rp144 juta) oleh tetangga di depan rumahnya yang merasa terganggu dengan suara bising dari knalpot BMW-nya. Tetangganya mengklaim bahwa mobil Hillman yang bising dan gaya mengemudinya merusak "kenyamanan yang tenang di rumah mereka selama lima tahun."

BACA JUGA: Catat! Pakai Knalpot Bising Bisa Kena Denda Rp250 Ribu 

Dia juga menuding Hillman telah menggunakan 'serangan verbal' dan mengintimidasinya dalam pertemuan sebelumnya, demikian diwartakan The Drive.

Tidak selesai sampai di situ, tetangga di belakang rumah Hillman juga ikut ambil bagian, melayangkan gugatan sebesar USD5.000 (sekira Rp72 juta) atas dasar bahwa "perilaku Hillman mengganggu ketenangan di propertinya karena penggunaan kendaraannya yang sembrono."

BACA JUGA: Picu Tawuran hingga Kecelakaan, Polisi Hancurkan 420 Knalpot Bising di Bogor

Menurut laporan Tire Meets Road, kedua kasus tersebut disidangkan pada hari yang sama, dengan hakim dengan cepat mengambil keputusan tentang masalah tersebut. Secara keseluruhan, penggugat diberikan masing-masing USD5.000 dan USD500 (sekira Rp7,2 juta), yang harus dibayar oleh tergugat.

Hillman tinggal bersama ibunya, yang juga terdaftar sebagai terdakwa dalam tuntutan hukum. Keluarga Hillman menangani masalah ini dengan cepat setelah kerugian, membayar total USD5.914,74 (sekira Rp85 juta) untuk menutupi kerugian dan biaya hukum terkait.

Selama persidangan, terungkap bahwa kedua tetangga telah mengirim surat Cease and Desist atau permintaan berhenti kepada Hillman dan ibunya di awal tahun. Namun, tidak ada tanggapan atas surat-surat yang diberikan, yang menyebabkan para tetangga kemudian mengajukan kasus itu di pengadilan San Diego Small Claims.

Jika surat-surat itu ditanggapi, Hillman mungkin tidak akan berakhir di pengadilan. Nyatanya, tanggapan Hillman terhadap surat-surat tetangganya bisa dibilang tak simpatik.

Para tetangga tampaknya tidak kesal semata karena knalpot bising Hillman tetapi juga cara mengemudinya yang ugal-ugalan di dalam lingkungan mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini