Share

Ledakan Bom Hantam Upacara Keagamaan Syiah, Setidaknya 30 Orang Terluka

Agregasi VOA, · Jum'at 20 Agustus 2021 03:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 18 2458197 ledakan-bom-hantam-upacara-keagamaan-syiah-setidaknya-30-orang-terluka-KFZWh0ohDo.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

ISLAMABAD - Serangan bom menghantam prosesi Muslim Syiah di Pakistan tengah, Kamis (19/8/2021), melukai setidaknya 30 orang, kata sejumlah saksi mata dan seorang pemimpin Syiah.

Sementara itu, muncul juga laporan-laporan yang menyebutkan adanya korban tewas. Namun, kantor berita Associated Press mengatakan laporan-laporan itu belum bisa dikukuhkan.

BACA JUGA: Korban Tewas Gempa Haiti Tembus 2.100 Orang, Ratusan Ribu Kehilangan Tempat Tinggal 

Video-video yang beredar di media sosial menunjukkan sejumlah polisi dan ambulans bergegas menuju lokasi pengeboman. Beberapa orang yang terluka terlihat menunggu bantuan di sepanjang jalan di kota Bahawalnagar yang sangat konservatif di provinsi Punjab timur di mana serangan itu terjadi.

Seorang pemimpin Syiah, Khawar Shafqat, membenarkan pemboman itu dalam sebuah pernyataannya tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

BACA JUGA: Bocah 8 Tahun di Pakistan Terancam Hukuman Mati Usai Kencing di Karpet Madrasah

Tidak ada pejabat pemerintah atau polisi yang dapat dimintai komentar, karena pihak berwenang telah menghentikan layanan telepon seluler untuk sementara waktu di berbagai penjuru negara itu sejak sehari sebelumnya, menjelang festival Asyura.

Festival itu merupakan peringatan tahunan untuk mengenang kematian Hussein pada abad ketujuh. Hussein, yang dikenal pula sebagai cucu Nabi Muhammad, adalah salah satu orang yang paling disucikan dan dicintai kaum Syiah.

Bagi kaum Syiah, mengenang Hussein adalah peristiwa emosional. Mereka menangisi kematiannya dalam Pertempuran Karbala, yang berlangsung di lokasi yang saat ini dikenal sebagai Irak. Selama prosesi Asyura, yang dilangsungkan di berbagai penjuru dunia, banyak peserta memukuli punggung mereka dengan rantai sebagai simbol penyesalan karena tidak dapat membantu Hussein sebelum ia mati syahid.

Menurut Shafqat, ledakan terjadi ketika prosesi Muslim Syiah melewati kawasan padat yang disebut Muhajir Colony. Ia mengutuk serangan itu dan meminta pemerintah untuk lebih meningkatkan keamanan pada prosesi-prosesi serupa yang juga dilakukan di wilayah-wilayah lain negara itu.

Syiah adalah kelompok minoritas di Pakistan yang mayoritas penduduknya Muslim Sunni. Muslim Sunni yang berpandangan ekstrem menganggap kaum Syiah sebagai orang-orang yang pantas dihukum mati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini