Ribuan Burung Pipit Mati Mendadak dan Berjatuhan dari Atas Pohon di Areal Makam Adat

Ketut Catur Kusumaningrat, iNews · Jum'at 10 September 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 244 2469392 ribuan-burung-pipit-mati-mendadak-dan-berjatuhan-dari-atas-pohon-di-areal-makam-adat-a8CwiHUIfD.JPG Ribuan burung pipit mati dan berjatuhan dari atas pohon (Foto: Ist)

BALI - Fenomena aneh terjadi di Desa Pering, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali. Ribuan burung pipit mendadak jatuh dari sarangnya dan mati di area kuburan adat. Kejadian tersebut sontak menghebohkan warga, diduga ribuan burung ini mati karena kedinginan akibat hujan angin yang mengguyur wilayah tersebut.

Mati secara mendadaknya ribuan burung pipit ini sempat terekam kamera warga yang saat itu tengah melintas di area kuburan adat tersebut.

Menurut warga, kejadian matinya ribuan burung pipit secara mendadak terjadi pada Kamis pagi 9 September sekitar pukul 17.00 Wita. Saat itu, wilayah Banjar Sema diguyur hujan lebat disertai angin kencang.

Setelah itu, burung pipit yang bersarang di sebuah pohon asem di areal kuburan adat banjar sema tiba tiba jatuh dan mati.

Diduga, matinya ribuan burung itu karena kedinginan selepas diguyur hujan disertai angin kencang. Tidak hanya sekali terjadi, fenomena matinya ribuan burung secara mendadak pernah terjadi pada tahun 2018 lalu. Di mana, saat itu ribuan burung mati akibat kedinginan di tempat tersebut.

Biasanya, menurut penuturan warga, pohon asem yang berada di areal kuburan adat banjar sema tersebut merupakan tempat atau sarang ribuan burung.

"Pada kamis sore, warga setempat membersihkan bangkai burung yang berserakan di area kuburan agar tidak menimbulkan bau," jelas Bandesa Adat Sema, Made Wardana.

Setelah dibersihkan, rencananya bangkai ribuan burung yang mati mendadak ini akan segera dikebumikan oleh warga.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini