Lempari Presiden Macron dengan Telur, Mahasiswa Prancis Dikirim ke Psikiater

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 29 September 2021 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 18 2478596 lempari-presiden-macron-dengan-telur-mahasiswa-prancis-dikirim-ke-psikiater-CVIzTHT7rr.JPG Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto: Reuters)

PARIS - Seorang mahasiswa yang melemparkan telur ke Presiden Emmanuel Macron, telah dicuci otak tanpa sadar, demikian disampaikan jaksa Prancis. Mahasiswa itu sedang diselidiki karena diduga menyerang seorang pegawai negeri.

Insiden pelemparan telur itu terjadi pada Senin (27/9/2021), ketika Macron mengunjungi Lyon untuk menghadiri pameran dagang. Proyektil, yang tampak seperti telur rebus, mengenai bahunya dan memantul.

BACA JUGA: Presiden Prancis Emmanuel Macron Ajukan Gugatan Setelah Difoto Pakai Baju Renang 

Pelaku, yang meneriakkan “Vive la revolution!” (‘Hidup revolusi!’) setelah melempari presiden, ditahan.

Pelempar telur itu diidentifikasi sebagai pelajar berusia 19 tahun dan tidak diketahui polisi Prancis sebelum insiden itu, kata kantor kejaksaan Lyon, Selasa (28/9/2021).

BACA JUGA: Presiden Prancis Dilempar Telur

Dia menjadi sasaran evaluasi psikologis, yang menemukan "tidak adanya kebutuhan untuk rawat inap" dan kemudian tanpa sadar dirawat di rumah sakit jiwa kota Le Vinatier, kata pernyataan itu sebagaimana dilansir RT.

Jika ia dianggap cakap untuk dimintai pertanggungjawaban atas tindakannya, orang tersebut dapat menghadapi tuntutan atas serangan terhadap pegawai negeri, kejahatan yang sedang diselidikinya.

Macron yang dikenal dekat dan personal dengan orang banyak saat berkampanye, tak asing lagi dikonfrontasi secara fisik oleh orang-orang yang tidak menyukainya. Pada Juni, Presiden Prancis itu ditampar wajahnya.

Pelaku menghabiskan berbulan-bulan di penjara untuk itu, tetapi mengatakan dia tidak menyesalinya.

Prancis bersiap untuk pemilihan presiden tahun depan, di mana Macron diproyeksikan akan menghadapi putaran kedua dengan penantang mana pun yang mendapat suara terbanyak di putaran pertama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini