Share

Kebakaran Besar di Colorado Hancurkan 500 Rumah, Paksa 30.000 Penduduk Dievakuasi

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 31 Desember 2021 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 31 18 2525534 kebakaran-besar-di-colorado-hancurkan-500-rumah-paksa-30-000-penduduk-dievakuasi-TSqzG6ejwd.jpg Foto: Reuters.

DENVER - Kebakaran hutan yang dipicu angin kencang menghancurkan ratusan rumah, melukai setidaknya enam orang dan mendorong evakuasi puluhan ribu penduduk di dan sekitar dua kota di timur Pegunungan Rocky, dekat Denver, Colorado, Amerika Serikat (AS) demikian dilaporkan pihak berwenang, Kamis (30/12/2021).

BACA JUGA: Kebakaran Hutan Dahsyat Paksa Evakuasi Ratusan Orang di Spanyol

Sheriff Boulder County Joe Pelle mengatakan kebakaran disebabkan oleh percikan api dari saluran listrik dan transformator yang dibawa oleh angin kencang di Front Range. Percikan api itu menyebabkan kebakaran di padang rumput yang dilanda kekeringan di Colorado.

Perintah evakuasi pertama kali dikeluarkan untuk semua penduduk di Kota Superior, Colorado, yang memiliki sekira 13.000 populasi. Tak lama kemudian perintah evakuasi juga diumumkan untuk Kotamadya Louisville yang berdekatan, rumah bagi lebih dari 18.000 penduduk, demikian menurut kantor manajemen darurat Boulder County dalam unggahan di Twitter.

BACA JUGA: Deretan Kebakaran Hutan Hebat di Berbagai Negara, Puluhan Nyawa Melayang

Dalam beberapa jam, kobaran api telah menyapu sekitar 647,5 hektar lahan dan menghancurkan lebih dari 500 rumah di barat Superior dan Kota Tua Superior, kata Pelle kepada wartawan pada konferensi pers sebagaimana dilansir Reuters.

Sheriff mengatakan dia tidak memiliki laporan tentang orang hilang dan tidak ada kematian yang dilaporkan.

Enam orang dirawat karena luka-luka akibat kebakaran hutan di rumah sakit UCHealth di kota tetangga Broomfield, kata Juru Bicara Kelli Christensen. Tapi dia menolak untuk merinci sifat cedera atau kondisi pasien.

Tingkat kerugian properti tidak segera diketahui, tetapi KMGH-TV, afiliasi lokal ABC News, menayangkan rekaman beberapa rumah yang dilalap api.

Colorado telah mengalami kekeringan ekstrem dalam beberapa tahun terakhir. Perubahan iklim meningkatkan risiko cuaca panas dan kering yang kemungkinan akan memicu kebakaran hutan.

Dunia telah menghangat sekitar 1,2C sejak era industri dimulai dan suhu akan terus meningkat kecuali pemerintah di seluruh dunia melakukan pemotongan tajam terhadap emisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini