Share

Angin Kencang Terjang Luwu Utara, Rusak 30 Rumah dan Paksa 120 Warga Mengungsi

Tim Okezone, Okezone · Minggu 09 Januari 2022 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 09 340 2529442 angin-kencang-terjang-luwu-utara-rusak-30-rumah-dan-paksa-120-warga-mengungsi-p2l8gSb0xq.jpeg Foto: BNPB.

JAKARTA – Fenomena angin kencang mengakibatkan kerusakan di sejumlah tempat tinggal warga dalam bencana hidrometeorologi basah di Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (8/1/2022) sekira pukul 16.00 waktu setempat.

Peristiwa yang berlangsung bersamaan dengan hujan lebat ini berdampak di dua desa, yaitu Desa Raja dan Lengkong, Kecamatan Bua.

BACA JUGA: Puluhan Rumah Rusak Berat Akibat Diterjang Angin Kencang di Aceh Tenggara

Angin kencang mengakibatkan 14 unit rumah warga mengalami rusak berat, sementara 16 unit lainnya rusak ringan. Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu menyebutkan tidak ada korban jiwa atau luka-luka akibat peristiwa ini.

Selain itu, sebanyak 120 jiwa mengungsi ke tempat kerabat terdekat. BPBD yang dibantu TNI, Polri dan unsur terkait lain memberikan pertolongan kepada warga yang terdampak.

BACA JUGA: Angin Kencang, Atap Gedung di Area Balai Kota Bogor Beterbangan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa hujan dengan intensitas tinggi yang disertai petir atau kilat dan angin kencang masih berpotensi terjadi di Provinsi Sulawesi Selatan pada Minggu (9/1/2022).

28 Rumah Warga Purwakarta Rusak 

Sementara itu, kejadian serupa menerjang wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Jumat (7/1/2022), pukul 17.00 WIB. Kejadian tersebut berdampak pada sejumlah rumah yang tersebar di beberapa desa di empat kecamatan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta pada Sabtu (8/1/2022), mencatat wilayah rumah rusak berat 3 unit dan rusak ringan 25 unit, sedangkan masjid rusak ringan 1 unit. Angin kencang juga menyebabkan pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik hingga mengganggu akses di jalan Industri Maracang.

Wilayah terdampak yaitu di Desa Babakan Cikao (Kecamatan Babakan Cikao), Kelurahan Ciseureuh dan Munjul Jaya (Purwakarta), Desa Ciwangi (Bungursari) serta Desa Kertajaya, Sawah Kulon dan Cidahu (Pasawahan).

Selain kerusakan material, bencana ini mengakibatkan seorang warga luka ringan dan 28 KK, atau 93 orang terdampak.

BPBD yang dibantu TNI, Polri dan dinas terkait setempat membantu dalam mengevakuasi warga luka maupun pembersihan material bangunan yang roboh maupun pohon tumbang.

Menyikapi potensi bahaya angin kencang, pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga. Masyarakat dapat mengantisipasi dampak maupun mengurangi risiko dengan pengecekan dan penguatan pada atap rumah, memangkas ranting-ranting pohon sehingga tidak mudah roboh dan mengaktifkan rencana kesiapsiagaan keluarga, khususnya menghadapi puncak musim hujan di Januari hingga Februari. Apabila berada di luar ruangan, hindari berteduh atau berlindung di bawah pohon dan papan reklame saat angin kencang berlangsung.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini