Share

Jadi Rebutan, Ini Keunggulan Jet Tempur F-35C Milik AS yang Jatuh di Laut China Selatan

Agregasi BBC Indonesia, · Jum'at 28 Januari 2022 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 18 2539247 jadi-rebutan-ini-keunggulan-jet-tempur-f-35c-milik-as-yang-jatuh-di-laut-china-selatan-HSZqJn5FJx.jpg Pesawat tempur F-35 milik AS (Foto: Reuters)

CHINA – Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengatakan pihaknya sedang melakukan operasi pengambilan pesawat sedang berlangsung setelah "kecelakaan " di atas kapal USS Carl Vinson.

Nantinya sebuah tim pencari dan pengambilan pesawat dari Angkatan Laut AS akan menempelkan beberapa perangkat ke badan pesawat tempur yang kemudian akan dipompa perlahan untuk mengangkat puing-puing itu.

Diketahui, pesawat F35-C senilai USD100 juta (Rp1,4 triliun) jatuh di Laut China Selatan pada Senin (24/1) setelah Angkatan Laut AS menyebutnya sebagai "kecelakaan" ketika lepas landas dari kapal induk USS Carl Vinson. Tujuh pelaut AS luka-luka ketika jet itu jatuh setelah menabrak bagian dek kapal induk Vinson selama latihan militer.

Baca juga: Jadi Rebutan, AS Cari Jet Tempur F-35 yang Jatuh di Laut China Selatan Sebelum Ditemukan Beijing

Pencarian ini juga seolah kejar-kejaran waktu dengan China agar mereka tidak menemukannya terlebih dahulu. Lalu apa yang membuat pesawat ini begitu istimewa?

Jet tempur ini dilengkapi sistem misi berkemampuan jaringan yang memungkinkannya berbagi informasi secara real-time yang dikumpulkannya saat dalam penerbangan.

Baca juga: Gagal Mendarat, Pilot Terlempar dari Pesawat Tempur dan 7 Terluka

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pesawat ini juga merupakan pesawat berbasis kapal induk dengan kategori "low observable" pertama milik Angkatan Laut AS yang memungkinkannya beroperasi tanpa terdeteksi di wilayah udara musuh.

Pesawat ini memiliki sayap yang lebih besar dan roda pendarat yang lebih kuat sehingga membuatnya cocok untuk "peluncuran ketapel" dari kapal induk di laut.

Yang tak kalah penting yaitu pesawat ini memiliki mesin jet tempur terkuat di dunia dan dapat mencapai kecepatan hingga 1.200 mph (1.931 km/jam), atau Mach 1.6

Pesawat juga bisa mengangkut hingga dua rudal di sayap dan empat di dalam badan pesawat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini