Share

Sejarah Hari Ini: Kapal Perang USS Maine Meledak di Kuba, Picu Perang Amerika-Spanyol

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 15 Februari 2022 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 18 2547093 sejarah-hari-ini-kapal-perang-uss-maine-meledak-di-kuba-picu-perang-amerika-spanyol-N5AcgE3xvj.jpg USS Maine meledak di Pelabuhan Kuba pada 15 Februari 1898. (Foto: istimewa)

PADA 15 Februari 1898, sebuah ledakan besar yang tidak diketahui asalnya menenggelamkan kapal perang Amerika Serikat (AS), USS Maine di Pelabuhan Havana, Kuba. Insiden itu menewaskan 260 dari hampir 400 awak yang berada di dalam kapal perang tersebut.

Salah satu kapal perang pertama Amerika, USS Maine memiliki bobot lebih dari 6.000 ton dan dibangun dengan biaya lebih dari USD2 juta. Kapal itu dikirim ke Kuba dalam sebuah 'misi persahabatan', untuk melindungi kepentingan orang Amerika di sana setelah pemberontakan melawan kekuasaan Spanyol pecah di Havana pada Januari, demikian dilansir History.

BACA JUGA: Peristiwa 24 April: Spanyol Deklarasikan Perang Lawan AS hingga Jatuhnya Pesawat Luar Angkasa Soyuz

USS Maine adalah salah satu kapal perang pertama yang dimiliki Amerika. Kapal itu memiliki bobot lebih dari 6.000 ton dan dibangun dengan biaya lebih dari USD2 juta.

Penyelidikan Pengadilan Angkatan Laut Amerika pada Maret 1898 secara resmi memutuskan bahwa USS Maine diledakkan oleh ranjau, tetapi tidak secara langsung menyalahkan Spanyol yang saat itu tengah berkonflik di Kuba.

BACA JUGA: Menarik Benang Sejarah Hubungan AS-Kuba

Sebagian besar Kongres dan mayoritas publik Amerika menyatakan yakin bahwa Spanyol bertanggung jawab dan menyerukan deklarasi perang.

Kegagalan diplomatik untuk menyelesaikan insiden USS Maine, ditambah dengan kemarahan publik AS atas penindasan brutal Spanyol terhadap pemberontakan Kuba, yang menyebabkan kerugian terhadap investasi Amerika, menyebabkan pecahnya Perang Spanyol-Amerika pada April 1898.

Dalam waktu tiga bulan, AS secara meyakinkan mengalahkan pasukan Spanyol di darat dan laut, dan pada Agustus perjanjian gencatan senjata menghentikan pertempuran.

Perjanjian Paris yang ditandatangani pada 12 Desember 1898 secara resmi mengakhiri Perang Spanyol-Amerika, memberikan AS wilayah luar negeri pertamanya dengan penyerahan daerah jajahan milik Spanyol seperti Puerto Riko, Guam dan Filipina.

Pada 1976, tim penyelidik angkatan laut Amerika menyimpulkan bahwa ledakan USS Maine kemungkinan disebabkan oleh kebakaran yang memicu persediaan amunisinya, bukan oleh ranjau Spanyol atau tindakan sabotase.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini