Share

Ukraina Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Rusia

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 24 Februari 2022 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 18 2552550 ukraina-putuskan-hubungan-diplomatik-dengan-rusia-6KnwH0R2Vh.JPG Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Foto: Reuters)

KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Kamis (24/2/2022) mengumumkan bahwa negaranya telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Rusia. Langkah itu diambil Kiev menyusul serangan yang dilancarkkan Rusia ke Ukraina dengan dalih operasi militer khusus.

Dalam pernyataan yang disiarkan televisi, Zelensky juga meminta publik mendukung angkatan bersenjata Ukraina dalam pertempuran melawan Rusia, termasuk dengan mengangkat senjata. Dia berjanji untuk mencabut sanksi pribadi, yang telah dia kenakan sebelumnya, dari siapa pun yang bersedia membela Ukraina, demikian diwartakan RT.

Zelensky mengatakan serangan Rusia terhadap Ukraina mirip dengan invasi Nazi Jerman dan meminta warga Rusia untuk memprotes keputusan yang diambil pemerintahnya. 

Sebagaimana diberitakan, Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis mengumumkan operasi militer khusus di wilayah Donetsk dan Luhansk, yang juga disebut dengan Donbass, di Ukraina timur. Langkah itu diambil setelah pada Senin (21/2/2022) Moskow mengumumkan pengakuan kemerdekaan separatis LPR dan Republik Rakyat Donetsk (DPR).

Putin berdalih operasi militer itu dilakukan untuk "demiliterisasi" dan "de-Nazifikasi" Ukraina agar menghentikan serangan pada dua republik di Donbass.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini