Share

Pantau Perkembangan Konflik, Menlu RI Lakukan Komunikasi dengan Menlu Rusia dan Ukraina

Kiswondari, Sindonews · Rabu 06 April 2022 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 06 18 2574160 pantau-perkembangan-konflik-menlu-ri-lakukan-komunikasi-dengan-menlu-rusia-dan-ukraina-q24shtONDb.JPG Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi. (Foto: Dok. Kemlu RI)

JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno L.P. Marsudi memberikan laporan kepada Komisi I DPR terkait perkembangan situasi konflik antara Rusia dan Ukraina. Menurutnya, Indonesia telah melakukan konsultasi dan komunikasi dengan berbagai negara, termasuk dengan Ukraina dan Rusia.

BACA JUGA: Menlu RI: 133 WNI telah Dievakuasi dari Ukraina, 32 Orang Memilih Tinggal

“Situasi di Ukraina dalam sebulan terakhir, Indonesia melakukan komunikasi dan konsultasi dengan berbagai negara, termasuk Ukraina dan Rusia,” kata Retno dalam Rapat kerja (Raker) Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (6/4/2022).

Bahkan, Retno menemui Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Ukraina Emine Dzhaparova di Doha, dan Menlu Rusia Sergei Lavrov di Tunxi, juga berkomunikasi melalui telepon dengan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba.

BACA JUGA: 7,1 juta Warga Ukraina Mengungsi sejak Invansi

“Saya melakukan pertemuan dengan wamenlu Ukraina di Doha pada 27 maret, dan melakukan pembicaraan lewat telepon dengan Menlu Ukraina pada Februari 2022, di Tunxi melakukan pertemuan 4 mata dengan Menlu Rusia 30 Maret, pembicaraan melalui telepon dilakukan setelah pemungutan suara resolusi di sidang umum PBB,” ungkapnya.

Retno menegaskan, saat berbicara prinsip, dalam hal ini adalah penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah, maka Indonesia selalu konsisten akan hal itu. Dan kosnistensi ini ditunjukkan Indonesia pada saat pemungutan sidang Majelis Umum PBB.

“Di mana Indonesia voted yes terhadap resolusi Agression Againts Ukraine pada 2 Maret dan resolusi Humanitarian Consequences of The Agression Against Ukraine pada 24 Maret,” sambungnya.

Retno menegaskan, saat berbicara prinsip, dalam hal ini adalah penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah, maka Indonesia selalu konsisten akan hal itu. Dan konsistensi ini ditunjukkan Indonesia pada saat pemungutan sidang Majelis Umum PBB.

“Di mana Indonesia voted yes terhadap resolusi Agression Againts Ukraine pada 2 Maret dan resolusi Humanitarian Consequences of The Agression Against Ukraine pada 24 Maret,” sambungnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini