Share

10 Rahasia Vatikan yang Tidak Banyak Orang Tahu, Akui Kehadiran Iblis hingga Tingkat Kejahatan Tertinggi di Dunia

Susi Susanti, Okezone · Selasa 19 April 2022 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 18 2581492 10-rahasia-vatikan-yang-tidak-banyak-orang-tahu-akui-kehadiran-iblis-hingga-tingkat-kejahatan-tertinggi-di-dunia-WoQqkaUpQq.jpg Kota Vatikan (Foto: Oyster)

VATIKANKota Vatikan identik dengan rumah bagi Paus Fransiskus dan berfungsi sebagai Markas Besar Gereja Katolik Roma. Di sini juga terdapat Kapel Sistina dan Basilika Santo Petrus. Kota Vatikan mungkin memiliki kurang dari 1.000 warga dan luasnya hanya 110 hektar, tetapi juga memiliki anggaran jutaan dolar dan sejarah yang luar biasa rumit.

Berikut sepuluh rahasia kota Vatikan yang jarang diketahui banyak orang.

1. Eksorsisme itu biasa

Baudelaire pernah berkata bahwa trik terbesar yang pernah dilakukan iblis adalah meyakinkan dunia bahwa dia tidak ada. Tetapi di Kota Vatikan modern, iblis dianggap hidup dan sehat. Mendiang Paus Yohanes Paulus II secara pribadi melakukan tiga pengusiran setan selama masa pemerintahannya, dan Paus Benediktus XVI memperluas jajaran pengusir setan yang disponsori Katolik di seluruh dunia. Faktanya, Pastor Gabriele Amorth, kepala pengusir setan Gereja, mengklaim mengusir lebih dari 300 setan per tahun dari kantornya di Vatikan, dan ada sekitar 350 pengusir setan yang beroperasi atas nama Gereja Katolik di Italia saja. Amorth juga mengajarkan para uskup bagaimana membedakan antara kerasukan setan dan penyakit kejiwaan, mencatat bahwa mereka yang menderita penyakit jiwa tampaknya sangat jijik melihat air suci dan salib.

Baca juga:  Paus Fransiskus Kunjungi Anak-Anak Korban Perang Rusia-Ukraina

2. Tingkat kejahatan tertinggi di dunia

Dengan 1,5 kejahatan per warga, Kota Vatikan memiliki tingkat kejahatan tertinggi di dunia. Bukan karena para kardinal mengenakan topeng dan berulang kali merampok bank, hanya saja kerumunan besar turis membuat Kota Vatikan menjadi surga pencopet. Situasinya diperumit oleh fakta bahwa Vatikan tidak memiliki penjara yang berfungsi dan hanya satu hakim. Jadi kebanyakan penjahat hanya berbaris melintasi perbatasan ke Italia, sebagai bagian dari pakta antara kedua negara. Kode hukum Vatikan didasarkan pada Italia, dengan beberapa modifikasi mengenai aborsi dan perceraian.

Baca juga: Arab Saudi hingga Vatikan, Ini 4 Negara dengan Sistem Monarki Absolut   

Kejahatan yang menurut Vatikan pantas untuk dicoba sendiri — terutama mengutil di toko bebas beanya — biasanya dihukum dengan mencabut sementara akses pembuat onar ke daerah-daerah itu. Tetapi tidak setiap kejahatan melibatkan pencurian. Pada 2007, Vatikan mengeluarkan hukuman narkoba pertama setelah seorang karyawan ditemukan dengan beberapa ons kokain di mejanya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Bisa membaca surat Paus

Arsip rahasia Vatikan belum benar-benar rahasia sejak Paus Leo XIII pertama kali mengizinkan para sarjana untuk mengunjungi pada 1881. Hari ini, bahkan lebih mudah diakses. Orang luar bebas untuk memeriksa korespondensi setiap Paus selama 1.000 tahun terakhir, meskipun ada satu hal yakni para tamu harus tahu persis apa yang mereka cari. Dengan 52 mil rak di arsip, pustakawan melarang browsing.

Surat paling terkenal yang ada mungkin adalah permintaan Henry VIII agar pernikahannya dengan Catherine dari Aragon dibatalkan, yang ditolak oleh Paus Klemens VII. Henry menceraikan Catherine dan menikahi Anne Boleyn (dan empat wanita lainnya), yang menyebabkan Roma putus dengan Gereja Inggris. Arsip juga berisi banyak pita merah, yang digunakan untuk mengikat 85 petisi dari pendeta dan bangsawan Inggris.

4. Paus suka mengirim pesan teks

Selama masa jabatannya, Paus Benediktus XVI secara rutin mengirim pesan teks homilinya ke pelanggan seluler di seluruh dunia, dan pada tahun 2009, Vatikan membuka saluran YouTube resmi untuk menampilkan berbagai alamat dan upacara kepausan. Vatikan bahkan merilis aplikasi iPhone yang berisi versi multibahasa dari buku doa Breviary dan doa-doa misa harian. Baru-baru ini, Benedict bergabung dengan Twitter pada bulan Desember, dua bulan sebelum pengunduran dirinya. Antusiasme Vatikan terhadap teknologi tidak terbatas pada ponsel dan internet. Vatikan juga menambahkan panel surya ke atap auditorium Paus Paulus VI sebagai bagian dari komitmennya untuk memerangi perubahan iklim.

5. Miliki pengawal Swiss terbaik

Saat ini, Swiss memiliki reputasi pasifisme, tetapi pada 1500-an, mereka dianggap sebagai kekuatan militer yang tak terhentikan. Tentara Swiss terkenal karena penguasaan senjata mereka yang disebut tombak, kombinasi mematikan dari tombak dan kapak, dan pasukan darat mereka terkenal karena secara rutin menghancurkan legiun musuh dengan menunggang kuda. Setelah Paus Julius II menyaksikan keganasan mereka dalam pertempuran 500 tahun yang lalu, ia merekrut beberapa prajurit untuk menjadi pengawal pribadinya. Sejak saat itu, Pengawal Swiss telah berjanji setia kepada Paus, terkadang mati untuk tujuan tersebut. Selama pemecatan Roma pada 1527, tiga perempat dari mereka terbunuh saat memberikan perlindungan bagi Paus Klemens VII untuk melarikan diri.

Saat ini, sekitar seratusan anggota Garda Swiss menghabiskan sebagian besar waktu mereka mengenakan pakaian Renaisans, memutar-mutar tombak mereka dalam upacara atau menjaga pos pemeriksaan di sekitar Vatikan. Ketika Pengawal benar-benar melindungi Paus, mereka mengenakan pakaian biasa dan membawa senjata yang sangat modern.

6. Negara terkecil di dunia

Kota Vatikan memiliki beberapa gelar. Seperti menampung karya seni paling terkenal di dunia, yang lain mengatakan itu adalah tempat paling spiritual di dunia bagi umat Katolik. Tapi ada satu hal yang tidak bisa dibantah dan itu adalah negara terkecil di dunia. Negara kota independen ini mencakup lebih dari 100 hektar. Itu lebih kecil dari Central Park seluas 843 hektar di New York City, kawan. Dengan sekitar 842 penduduk, itu juga merupakan negara terkecil berdasarkan populasi. Tapi jangan biarkan ukurannya menipu Anda. Negara ini memiliki kantor pos sendiri dan perangko dalam hal ini, stasiun kereta api, stasiun radio, bendera, dan lagu kebangsaan; mengoperasikan media; dan menerbitkan paspor. Negara ini bahkan mencetak euronya sendiri yakni koin yang diembos dengan kepala Paus.

7. Kota Vatikan lebih muda dari yang Anda kira

Tentu, Gereja Katolik telah ada untuk waktu yang sangat lama, tetapi itu tidak berlaku untuk Kota Vatikan. Faktanya, negara Italia baru muncul pada 1929 dengan penandatanganan Perjanjian Lateran, yang mengakuinya sebagai negara merdeka. Menariknya, Benito Mussolini, Kepala pemerintahan Italia saat itu, yang menandatangani keputusan itu untuk membuat semuanya resmi.

8. Kota Vatikan adalah satu-satunya negara dalam daftar situs Warisan Dunia UNESCO

Italia mungkin memiliki daftar UNESCO paling banyak daripada negara mana pun, tetapi Kota Vatikan adalah satu-satunya negara penuh yang ditetapkan sebagai situs UNESCO. Hal ini diputuskan pada 1984.

9. Warga negara wajib bekerja

Untuk menjadi warga negara, dibutuhkan lebih dari sekadar dilahirkan di Kota Vatikan atau memiliki orang tua yang lahir di sini. Tapi Anda harus bekerja untuk itu.

Di sini, kewarganegaraan tidak dijamin oleh tempat kelahiran, tetapi ditunjuk untuk mereka yang bekerja di negara-kota. Seperti kardinal dan anggota Garda Swiss. Dan jika itu tidak cukup tekanan, masih ada lagi. Jika Anda kehilangan pekerjaan, kewarganegaraan Anda kemudian dicabut, dan mereka yang bukan warga negara dari negara lain secara otomatis menjadi orang Italia.

10. Konsumsi wine tertinggi di dunia

Meskipun populasinya sangat kecil, Kota Vatikan berhasil menjadi yang teratas karena memiliki konsumsi anggur (wine) per kapita tertinggi. Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Institut Anggur, rata-rata penduduk turun 54,26 liter per tahun. Tetapi ada penjelasan untuk angka-angka yang mengesankan ini. Sejumlah besar wine diketahui didistribusikan selama komuni.

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini