Share

AS Konfirmasi Kasus Cacar Monyet Pertama di Massachusetts

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 19 Mei 2022 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 18 2596687 as-konfirmasi-kasus-cacar-monyet-pertama-di-massachusetts-LsjRcSe10v.jpg Kondisi kulit penyakit yang menderita cacar monyet. (Foto: CDC via Reuters)

BOSTON - Departemen Kesehatan Masyarakat Massachusetts, Amerika Serikat (AS) pada Rabu (18/5/2022) mengatakan telah mengonfirmasi satu kasus infeksi virus cacar monyet pada seorang pria yang baru saja bepergian ke Kanada.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengatakan laboratoriumnya mengonfirmasi infeksi tersebut sebagai cacar monyet pada Rabu sore.

BACA JUGA: Inggris Laporkan Kasus Infeksi Cacar Monyet Langka

Badan itu mengatakan sedang bekerja dengan CDC dan dewan kesehatan setempat yang relevan untuk melakukan pelacakan kontak, menambahkan bahwa "kasus itu tidak menimbulkan risiko bagi publik, dan individu tersebut dirawat di rumah sakit dan dalam kondisi baik."

Cacar monyet, yang sebagian besar terjadi di Afrika barat dan tengah, adalah infeksi virus langka yang mirip dengan cacar manusia, meskipun lebih ringan. Penyakit ini pertama kali direkam di Republik Demokratik Kongo pada 1970-an.

Jumlah kasus cacar monyet di Afrika Barat telah meningkat dalam dekade terakhir.

Gejalanya meliputi demam, sakit kepala, dan ruam kulit mulai dari wajah dan menyebar ke seluruh tubuh.

BACA JUGA: Virus Langka Menyebar di Eropa, Potensi Wabah Cacar Monyet

Departemen Kesehatan Masyarakat Massachusetts mengatakan virus tidak menyebar dengan mudah di antara orang-orang, tetapi penularan dapat terjadi melalui kontak dengan cairan tubuh, luka cacar monyet, barang-barang seperti tempat tidur atau pakaian yang telah terkontaminasi cairan atau luka, atau melalui tetesan pernapasan setelah kontak tatap muka yang berkepanjangan.

Badan itu mengatakan bahwa tidak ada kasus cacar monyet yang sebelumnya telah diidentifikasi di Amerika Serikat tahun ini. Texas dan Maryland masing-masing melaporkan kasus pada 2021 pada orang-orang dengan perjalanan baru-baru ini ke Nigeria.

CDC juga mengatakan sedang melacak beberapa kelompok cacar monyet yang dilaporkan di beberapa negara termasuk Portugal, Spanyol, dan Inggris, dalam dua minggu terakhir.

Beberapa kasus cacar monyet baru-baru ini dilaporkan atau dicurigai di Inggris, Portugal dan Spanyol.

Sebelumnya pada Rabu, pihak berwenang Portugal mengatakan mereka telah mengidentifikasi lima kasus infeksi dan layanan kesehatan Spanyol mengatakan mereka sedang menguji 23 kasus potensial setelah Inggris membuat Eropa waspada terhadap virus tersebut.

Otoritas kesehatan Eropa sedang memantau setiap wabah penyakit sejak Inggris melaporkan kasus pertamanya pada 7 Mei dan telah menemukan enam lagi di negara itu sejak saat itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini