Share

Menlu Retno: Perang di Ukraina Hanya Gejala dari Masalah Dunia yang Lebih Serius

Susi Susanti, Okezone · Selasa 14 Juni 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 14 18 2611032 menlu-retno-perang-di-ukraina-hanya-gejala-dari-masalah-dunia-yang-lebih-serius-7qXu2Hs7qt.jpg Menlu RI Retno Marsudi (Foto: AP)

PRAHA, REPUBLIK CEKO - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan bahwa perang di Ukraina “hanya gejala dari masalah yang lebih serius” di dunia. Hal ini disampaikannya dalam pertemuan tingkat tinggi antara negara-negara Barat dan kawasan Indo-Pasifik pada Senin (13/6/2022) di Praha, untuk membahas kerjasama lebih lanjut di antara kedua kawasan.

“Sayangnya perang di Ukraina Meletus. Hanya dalam empat bulan perang telah menciptakan konsekuensi geopolitik dan geoekonomi yang besar, yang mempengaruhi banyak negara, termasuk di Indo-Pasifik. Tentu saja apa yang terjadi di Ukraima hanya gejala dari masalah yang lebih serius, defisit kepercayaan antar-negara, zero sum paradigm (paradigma di mana orang menilai bahwa suatu situasi merupakan masalah menang-kalah atau untung-rugi), dan erosi penghormatan pada hukum internasional,” terangnya, dikutip VOA.

Baca juga: Menlu RI Bertemu dengan Menlu Saudi Arab Saudi, Apa Saja Kerja Sama yang Dibahas?

Retno juga memberikan cuitan di akun Twitter miliknya. “Mari kita bersama-sama menghidupkan kembali semangat multilateralisme, perdamaian dan kolaborasi,” cuitnya.

Baca juga:  Menlu Retno Bertemu Menlu Rusia di China, Bahas Situasi Terkini di Ukraina

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(sst)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini