Share

4 Pria Inggris Selundupkan 300 Kg Kokain Senilai Rp153 Miliar Ditangkap di Yunani, Disembunyikan dalam Pengiriman Pisang

Susi Susanti, Okezone · Kamis 16 Juni 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 18 2612400 4-pria-inggris-selundupkan-300-kg-kokain-senilai-rp153-miliar-ditangkap-di-yunani-disembunyikan-dalam-pengiriman-pisang-LSfzTZQatr.jpg 4 pria Inggris selundupkan 300 kg kokain ke Yunani (Foto: Hellenic Polisi)

YUNANI - Empat pria Inggris muncul di pengadilan di Yunani dengan tuduhan menyelundupkan hampir 300 kg kokain dari Kolombia, yang disembunyikan dalam pengiriman pisang.

Keempat tersangka, dari London dan Liverpool dan berusia 38, 45, 48 dan 52, ditangkap pekan lalu di sebuah vila mewah di Yunani utara.

Polisi Yunani menuduh dua dari pria itu adalah "pemimpin jaringan perdagangan narkoba internasional".

Orang-orang itu tidak berkomentar di pengadilan, dengan alasan hak mereka untuk tetap diam. Orang kelima juga masih diburu oleh polisi.

 Baca juga: Penggerebekan Narkoba Terbesar di Eropa, Polisi Sita Kokain 4,3 Ton Senilai Rp4 Triliun

Menurut polisi, obat-obatan tersebut diangkut pertama kali ke wilayah Italia selatan Calabria, sebelum dikirim ke kota pelabuhan Thessaloniki, di Yunani utara. Pengiriman narkoba itu disita dalam operasi terkoordinasi oleh petugas penegak hukum AS, Yunani dan Italia.

Baca juga: Koarmada I TNI AL Musnahkan 179 Kilogram Kokain dengan Incerenator

Sejumlah besar uang tunai, pistol, peluru dan beberapa ponsel dan walkie-talkie juga ditemukan, kata polisi.

Polisi Yunani memperkirakan nilai jalanan kokain itu mencapai lebih dari 10 juta euro (Rp153 miliar) dan diyakini telah ditujukan untuk dijual di Eropa dan Australia.

Calabria, tempat polisi mengatakan obat-obatan itu pertama kali diangkut, adalah rumah bagi 'Ndrangheta - mafia Italia yang diperkirakan menguasai sekitar 80% perdagangan kokain Eropa.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Pernyataan polisi tidak merujuk pada kelompok tersebut. Namun, polisi mengatakan pengiriman itu sebagian ditujukan ke pasar obat-obatan Australia, di mana spin-off dari 'Ndrangheta menikmati kehadiran yang luas.

‘Ndrangheta selama bertahun-tahun dipandang sebagai saudara yang lebih miskin dari jaringan kejahatan terorganisir Italia yang lebih terkenal yakni Cosa Nostra di Sisilia dan Camorra di Naples.

Tetapi sebagian karena tindakan keras polisi berturut-turut terhadap kelompok lain, 'Ndrangheta kini telah tumbuh menjadi mafia paling kuat di Italia.

Operasinya di sini dan di seluruh dunia diperkirakan bernilai sekitar 50 juta euro (Rp767 miliar) per tahun.

Empat pria Inggris yang ditangkap di Yunani akan dikembalikan ke tahanan. Sistem peradilan Yunani berjalan sangat lambat sehingga diperkirakan akan memakan waktu setidaknya satu tahun sebelum para tersangka diadili.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini