Share

Ini 2 Sungai Terpanjang di Benua Amerika dan Penjelasannya

Alfilya Tri Maulina, Okezone · Selasa 27 September 2022 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 18 2675826 ini-2-sungai-terpanjang-di-benua-amerika-dan-penjelasannya-EHDKr04813.jpg Sungai Amazon.

JAKARTA - Benua Amerika dijuluki dengan nama Benua Merah. Karena mayoritas dari mereka adalah suku Indian. Suku tersebut memiliki kebiasaan melumuri kulitnya dengan pewarna merah. Selain dijuluki benua merah, benua Amerika juga disebut sebagai benua baru. Karena baru ditemukan pada 1492 oleh Columbus.

Selain itu benua Amerika juga terkenal akan habitat flora dan faunanya. Salah satunya sungai terpanjang yang dimiliki oleh benua Amerika dengan berbagai cerita dibaliknya. Masyarakat sangat memanfaatkan area tersebut sebagai penopang kehidupan mereka.

Berikut dua sungai terpanjang yang berada di Benua Amerika beserta penjelasannya, sebagaimana dirangkum dari beberapa sumber:

1. Sungai Amazon 

Sungai Amazon yang berada di Amerika Selatan merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia. Sungai ini juga memiliki sistem peraliran terbesar dari seluruh sistem sungai dunia. Meskipun Nil sungai terpanjang, tetapi Amazon bisa dianggap sebagai sungai dengan aliran "terkuat" (dilihat dari jumlah air yang mengalir per detik).

Air Sungai Amazon itu dapat merubah warna di perairan laut. Jumlah air tawar yang dilepas ke Samudra Atlantik sangat besar: 184.000 m³ per detik di musim hujan. Aliran Amazon merupakan seperlima dari jumlah seluruh air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia.

Air di laut dekat sungai ini memiliki kadar garam yang rendah sampai beratus mil jauhnya. Yang menyebabkan pengenceran garam di perairan laut, dan mengubah warna permukaan laut Atlantik menjadi lebih dari 2.600.000 km persegi.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sungai Amazon berasal dari pegunungan Andes yang tinggi di Peru. Sistem pada sungai Amazon berkelok-kelok hingga melalui sembilan negara di Amerika Selatan. Seorang atlet renang asal Slovenia berhasil berenang menaklukkan sungai Amazon selama 66 hari. Di Sungai Amazon juta terdapat terumbu karang yang sangat besar beberapa tahun yang lalu. Sungai Amazon memiliki beragam satwa liat baik di dalam sungai maupun di hutan hujan. Yang Paling terkenal adalah Anaconda dan ikan piranha pemakan daging.

2. Sungai Mississippi

Sungai Mississippi merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia dan yang kedua terpanjang di Amerika Utara. Sungai yang berada di Amerika Serikat (AS) ini memiliki panjang 3,734 km dengan dan bersumber pada Danau Itasca di Minnesota dan berujung pada Teluk Sonder.

Nama "Mississippi" berasal dari bahasa penduduk asli Amerika yang berarti "Bapak Air"

Mississippi mengalir dari selatan melintasi bagian tengah AS dan memiliki banyak anak sungai. Sungai Mississippi memiliki keanekaragaman habitat, dan produktivitas biologis. Ini juga merupakan salah satu jalur air komersial paling penting di dunia dan salah satu rute migrasi besar Amerika Utara untuk burung dan ikan. Penduduk asli Amerika tinggal di sepanjang tepiannya dan menggunakan sungai untuk makanan dan transportasi.

Sungai Mississippi adalah daerah aliran sungai terbesar ke tiga Dunia. Titik lebar sungai mencapai 11 mil. Terdapat dua perenang handal yang menaklukkan panjangnya sungai ini. Sungai ini juga memiliki jalan raya yang dibangun di sepanjang sungai.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini