Share

Badai Ian Hantam Florida, 2 Juta Rumah Kehilangan Aliran Listrik

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 29 September 2022 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 18 2677375 badai-ian-hantam-florida-2-juta-rumah-kehilangan-aliran-listrik-IkcRSSbE2N.jpg Jalanan tergenang ketika Badai Ian menghantam di Fort Myers, Florida, Amerika Serikat, 28 September 2022. (Foto: Reuters)

VENICE - Badai Ian menghantam Pantai Teluk Florida, Amerika Serikat (AS) dengan kekuatan dahsyat pada Rabu, (28/9/2022) melepaskan angin menderu, hujan lebat, dan gelombang ombak laut berbahaya yang menjadikannya salah satu badai paling kuat di AS dalam beberapa tahun terakhir.

Menerjang ke darat sebagai badai Kategori 4 dengan kecepatan angin hingga 241 kilomete per jam,. kp dengan cepat mengubah bentangan indah pantai berpasir dan kota-kota pesisir menjadi zona bencana yang dibanjiri oleh air laut.

Gambar video awal kemarahan badai di TV lokal dan media sosial menunjukkan air banjir menyapu mobil, hampir mencapai atap rumah di beberapa komunitas dan reruntuhan rumah saat pohon palem ditekuk hampir menjadi dua.

Hingga 76 cm hujan diperkirakan akan turun di beberapa bagian Florida tengah saat badai bergerak ke daratan, mengancam akan menyebabkan banjir bandang yang luas. Hampir 2 juta rumah dan bisnis di seluruh negara bagian tanpa listrik pada satu jam sebelum matahari terbenam, utilitas melaporkan.

"Badai ini berdampak besar di negara bagian Florida," kata Gubernur Ron DeSantis sebagaimana dilansir Reuters. DeSantis meminta Presiden AS Joe Biden untuk menyetujui deklarasi bencana federal besar yang menyediakan berbagai bantuan darurat AS ke seluruh negara bagian.

Otoritas perbatasan AS mengatakan 20 migran Kuba hilang setelah kapal mereka tenggelam di lepas pantai Florida saat Ian mendekati pantai pada Rabu.

Tidak ada laporan resmi segera tentang korban terkait badai lainnya.

Sejumlah orang yang tidak diketahui terdampar di zona evakuasi "berisiko tinggi" dan membutuhkan bantuan setelah menentang perintah untuk mencari tempat yang lebih tinggi, tetapi kru penyelamat tidak dapat segera mencapai mereka, kata gubernur.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Setelah menyapu Kuba pada Selasa, (27/9/2022) membiarkannya tanpa listrik selama berjam-jam, Ian mendarat di Florida pada pukul 15:05 waktu setempat pada Rabu di dekat Cayo Costa, sebuah pulau penghalang di sebelah barat Fort Myers, Pusat Badai Nasional AS (NHC) melaporkan.

Kecepatan angin puncak badai menempatkannya hanya sedikit dari penunjukan Kategori 5 pada skala Saffir-Simpson,.

Daerah di sekitar pendaratan adalah rumah bagi bermil-mil pantai berpasir, sejumlah hotel resor dan banyak taman rumah mobil, favorit para pensiunan dan wisatawan.

Satu jam setelah pendaratan, video yang diposting di media sosial dan outlet berita TV menunjukkan air yang dipicu oleh gelombang badai yang mengalir melalui beberapa komunitas.

Kota Pantai Fort Myers hampir tenggelam oleh air banjir. Pemandangan Pulau Sanibel yang diposting di Twitter menunjukkan lautan menyapu tembok laut ke kolam renang hotel resor. Video lain dari pulau itu menunjukkan jalan-jalan yang terendam oleh gelombang badai, naik ke puncak rambu-rambu jalan.

Dalam hal kecepatan angin yang berkelanjutan, yang mencapai puncaknya pada 249 km per jam sebelum pendaratan, Ian menempati peringkat sebagai salah satu badai paling ganas yang menyerang daratan AS dalam beberapa tahun terakhir.

Sebagai perbandingan, Badai Michael datang ke pantai di Florida pada 2018 dengan angin stabil 249 km per jam, sementara Ida tahun lalu mengemas angin berkelanjutan 241 km per jam ketika mendarat di Louisiana.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini