Share

Intelijen Korsel Prediksi Korut Akan Segera Gelar Uji Coba Nuklir Ketujuh

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 29 September 2022 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 18 2677416 intelijen-korsel-prediksi-korut-akan-segera-gelar-uji-coba-nuklir-ketujuh-JBxFatyaDz.jpg Tayangan televisi terkait uji coba bom nuklir Korea Utara pada 2017. (Foto: Reuters)

SEOUL - Korea Utara dapat menguji senjata nuklir pada beberapa kesempatan antara 16 Oktober dan 7 November, klaim seorang anggota parlemen Korea Selatan, mengutip badan intelijen asing negara itu.

BACA JUGA: Pejabat AS: Korut Bersiap Gelar Uji Coba Nuklir Ketujuh

Penilaian itu diduga merupakan bagian dari pengarahan tertutup yang diberikan Badan Intelijen Nasional (NIS) kepada komite intelijen parlemen, dan diumumkan pada Rabu, (28/9/2022) oleh Yoo Sang-beom, seorang legislator dari Partai Kekuatan Rakyat yang berkuasa, yang duduk di badan pengawas.

Lini masa itu diidentifikasi berdasarkan tanggal acara politik yang dijadwalkan di China dan Amerika Serikat (AS), jelas anggota parlemen itu.

BACA JUGA: Lawan AS, Korut Siap Aktifkan Program Senjata Nuklir

Pada 16 Oktober, Partai Komunis Tiongkok akan memulai Kongres Nasional ke-20, dan 7 November adalah malam pemilihan paruh waktu di AS.

Badan intelijen mengklaim kemungkinan tes meningkat dengan selesainya Terowongan 3 baru-baru ini di lokasi uji coba Punggye-ri, kata Yoo kepada wartawan sebagaimana dilansir RT.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Enam uji coba nuklir Korea Utara antara Oktober 2006 dan September 2017 semuanya dilakukan di fasilitas bawah tanah yang terletak di Provinsi Hamgyong Utara itu. Pengamat Korea Utara menilai musim panas ini bahwa Terowongan 3 selatan tampak sepenuhnya siap untuk tes baru, berdasarkan citra satelit.

Pekan lalu, Seoul melaporkan uji coba rudal balistik jarak pendek Korea Utara di Laut Jepang. Latihan itu dilakukan saat Wakil Presiden AS Kamala Harris dalam perjalanannya mengunjungi sekutu regional Jepang dan Korea Selatan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini