Share

Kapal Selam Nuklir Rusia dengan Enam Torpedo Poseidon Dikabarkan Menghilang

Natalia Bulan, Okezone · Rabu 05 Oktober 2022 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 18 2680837 kapal-selam-nuklir-rusia-dengan-enam-torpedo-poseidon-dikabarkan-menghilang-2dcJoMEbyk.jpg Kapal selam nuklir Rusia, K-329 Belgorod/Bulgarian Military

JAKARTA - Kapal selam nuklir Rusia dengan enam torpedo Poseidon dikabarkan menghilang dari radar NATO.

Hal ini diklaim oleh akun Twitter @TpyxaNews yang mengutip dari harian Italia La Repubbica. Media Italia ini menerima informasi dari sumber NATO.

Dikutip dari Bulgarian Military, tidak ada informasi tentang kapal selam mana itu. Artinya kapal selam Rusia telah menghilang, yaitu tidak hilang oleh armada Rusia dan tidak terlihat oleh pasukan sekutu.

Kabar kapal selam nuklir Rusia hilang/Twitter



Dalam kicauannya, @TpyxaNews menjelaskan bahwa kapal selam K-329 Belgorod Angkatan Laut Rusia dapat membawa hingga enam torpedo Poseidon, semuanya dilengkapi dengan hulu ledak nuklir.

Diketahui, torpedo ini dapat menyebabkan tsunami reaktif. Kapal selam jenis ini tidak memancarkan gelombang masalah.

Ini adalah masalah bagi pasukan sekutu, karena kapal selam dan sensor mereka disetel untuk merasakan gelombang panas.

Meskipun @TpyxaNews menyebutkan kapal selam K-329 Belgorod, tidak jelas apakah kapal selam inilah yang menghilang dari sensor pasukan sekutu.

Tentang Kapal Selam Belgorod

Seperti yang dilaporkan pada 8 Juli 2022 yang lalu, Angkatan Laut Rusia mengakuisisi kapal selam terbesar yang pernah dibuat dalam 40 tahun bernama Belgorod, kelas Oscar II.

Informasi ini dikonfirmasi oleh perusahaan pembuat kapal terbesar di Rusia - Sevmash.

Kapal selam Belgorod adalah kapal selam nuklir dan kontruksinya dimulai hampir tiga tahun yang lalu.

Kapal selam ini memiliki panjang 184 meter dan perpindahannya adalah 14.700/17.000 ton di permukaan dan 24.000/30.000 ton di bawah air.

Saat ini tidak ada informasi resmi tentang jangkauannya, tetapi menurut data sumber terbuka, kecepatan maksimumnya adalah 32 knot (59km/jam) muncul.

ujuan utama kapal selam Belgorod adalah untuk membawa enam kendaraan bawah air tak berawak nuklir [UUV] – torpedo nuklir Poseidon.

Selama pertempuran, Belgorod dapat mengintegrasikan kapal selam nuklir kecil yang dirancang untuk menyelam di laut dalam di bawah lunasnya.

Belgorod juga mengesankan dengan keunggulan utama lainnya. Integrasi kapal selam penyelamat kedua di punggung Belgorod, serta kemampuan untuk membawa muatan besar, termasuk pembangkit listrik tenaga nuklir independen.

Persenjataan kapal selam nuklir Belgorod adalah standar untuk kelas kapal selam ini yaitu torpedo, rudal jelajah, ranjau. Yang lebih mengesankan adalah kehadiran enam torpedo nuklir Poseidon.

Tentang Nuklir Poseidon

Poseidon adalah torpedo otonom bertenaga nuklir antarbenua. Poseidon adalah torpedo terbesar saat ini di dunia yang pernah dikembangkan oleh negara mana pun.

Torpedo memiliki panjang 24 meter dan diameter 2 meter. Kecepatannya di bawah air luar biasa mencapai 70 knot.

Bagi orang yang tidak mengerti kecepatan laut, 70 knot sama dengan 130 km/jam. Torpedo bisa berenang di kedalaman 1 km. Propulsinya adalah nuklir, dan hulu ledak yang dapat dibawanya adalah 2 megaton.

Kapal selam nuklir Belgorod menjadi senjata Rusia yang berbahaya justru karena kehadiran torpedo nuklir Poseidon-nya.

HI Sutton menulis di blog hisutton.com-nya bahwa Poseidon dimaksudkan untuk serangan kedua, sebagai bagian dari penangkal nuklir Federasi Rusia, dan sasarannya adalah kota-kota pesisir seperti New York dan Los Angeles.

β€œDalam skenario ini, kurangnya ketergantungan pada satelit dan fakta bahwa itu benar-benar lewat di bawah pertahanan rudal membuatnya menjadi kematian yang lambat namun tak terhindarkan. Secara kritis, ini adalah diversifikasi penangkal nuklir Rusia, bukan pengganti rudal yang diluncurkan dari kapal selam,” tulis Sutton.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini