Share

Dituduh Terkait dengan Dinas Intelijen Israel, Iran Eksekusi Mati 4 Orang

Susi Susanti, Okezone · Senin 05 Desember 2022 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 18 2720592 dituduh-terkait-dengan-dinas-intelijen-israel-iran-eksekusi-mati-4-orang-nRp3AacJ9R.jpg Ilustrasi hukuman mati (Foto: Anadolu Agency)

IRAN - Iran telah mengeksekusi empat pria yang dituduh bekerja sama dengan dinas intelijen Israel dan melakukan penculikan.

Kantor berita Mizan melaporkan eksekusi mati itu dijatuhkan pada Minggu (4/12/2022). Mahkamah Agung Iran telah menguatkan keputusan hukuman mati terhadap mereka pada Rabu (30/11/2022) setelah penangkapan mereka pada Mei lalu.

Baca juga: Media Pemerintah Iran Bantah Polisi Moralitas Iran Dibubarkan 

Eksekusi dilakukan pada saat ketegangan meningkat di Iran setelah lebih dari dua bulan protes.

Situs web pengadilan mengatakan tiga orang lainnya dijatuhi hukuman antara lima dan 10 tahun penjara karena kejahatan terhadap keamanan negara, keterlibatan dalam penculikan dan kepemilikan senjata.

Baca juga: Jaksa Agung Sebut Undang-Undang Wajib Jilbab di Iran Sedang Ditinjau

Dikutip BBC, Iran dan Israel adalah rival regional yang sengit, dan telah lama terlibat dalam perang bayangan satu sama lain.

Tuduhan "penculikan" mengacu pada kasus yang diliput oleh media Israel sebulan sebelumnya, di mana seorang pria yang memperkenalkan dirinya sebagai rekan dari Korps Pengawal Revolusi Islam terlihat menceritakan dugaan plot untuk menargetkan diplomat Israel di beberapa lokasi Eropa.

Media Iran menolak cerita tersebut, dengan mengatakan bahwa pria itu hanyalah seorang petani, yang telah diculik oleh sejumlah "preman" pada 2021 dan memaksanya untuk mengucapkan kalimat tertentu.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Israel termasuk di antara sejumlah negara yang dipersalahkan Iran karena memicu gelombang demonstrasi, yang dipicu oleh kematian seorang wanita muda dalam tahanan tetapi mencerminkan ketidakpuasan yang mendalam terhadap pemerintah.

Peradilan Iran telah mengkonfirmasi enam hukuman mati atas protes tersebut, dan kelompok hak asasi Amnesti Internasional mengatakan berdasarkan laporan resmi, setidaknya 21 orang yang saat ini diadili didakwa dengan kejahatan yang dapat membuat mereka digantung.

Menurut kelompok hak asasi manusia (HAM), Iran saat ini mengeksekusi lebih banyak orang setiap tahun daripada negara mana pun selain China.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini