Share

Beri Penghormatan Terakhir di Upacara Peringatan Kematian Mantan Presiden China, Xi Jinping Serukan Persatuan

Susi Susanti, Okezone · Rabu 07 Desember 2022 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 18 2722121 beri-penghormatan-terakhir-di-upacara-peringatan-kematian-mantan-presiden-china-xi-jinping-serukan-persatuan-C0Q4CdiUwo.jpg Presiden China Xi Jinping (Foto: CCTV/AP)

CHINA โ€“ Presiden China Xi Jinping pada Selasa (6/12/2022) meminta negara untuk bersatu di kepemimpinannya saat dia berpidato di upacara peringatan kematian mantan Presiden Jiang Zemin. Hal ini menyusul protes perbedaan pendapat atas kebijakan nol-Covid dan pemerintahan otoriternya. yang belum pernah terjadi sebelumnya.ย 

Di Aula Besar Rakyat di Beijing, Xi memimpin ratusan elit politik dan militer China untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Jiang, yang meninggal pada Rabu (30/11/2022) lalu pada usia 96 tahun.

Baca juga:ย Mantan Pemimpin China Jiang Zemin Meninggal pada Usia 96 Tahun karena Leukimia dan Kegagalan Organ

Upacara tersebut, yang disiarkan langsung di televisi nasional, mengakhiri satu minggu peringatan untuk Jiang, yang meninggal karena leukemia dan kegagalan banyak organ di Shanghai pada saat yang sangat sensitif di Tiongkok.

Seperti diketahui, akhir pekan sebelum kematiannya, ribuan orang turun ke jalan di seluruh China untuk menyerukan diakhirinya pembatasan Covid yang ketat, dalam protes paling luas sejak gerakan pro-demokrasi Tiananmen 1989, yang segera mendahului naiknya Jiang ke tampuk kekuasaan.

Baca juga:ย Mantan Presiden Jiang Zemin Meninggal Dunia, China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Dalam pidatonya, Xi memuji Jiang sebagai pemimpin luar biasa dengan prestise tinggi dan pejuang komunis yang telah lama teruji. Xi juga menyebut kematiannya sebagai "kerugian yang tak terhitung" bagi negara.

Berdiri di depan gambar raksasa Jiang dan sederet karangan bunga krisan putih, Xi meminta bangsa untuk "mengubah kesedihan menjadi kekuatan."

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

โ€œSeluruh partai, seluruh tentara, dan orang-orang dari semua kelompok etnis di negara itu harus bersatu lebih erat di sekitar kepemimpinan pusat partai untuk mencapai peremajaan besar bangsa China,โ€ terangnya, dikutip CNN.

Sirene terdengar di seluruh negeri saat warga menandai tiga menit hening. Pasar saham, mata uang, dan obligasi menangguhkan perdagangan selama periode diam resmi, sementara hiburan publik โ€“ termasuk beberapa game online populer โ€“ dihentikan sepanjang Selasa (6/12/2022).

Hal ini sangat kontras dari adegan protes yang bising baru-baru ini ketika para demonstran muda menyerukan diakhirinya penguncian Covid dan kebijakan represif Xi, dari sensor yang terus diperketat hingga kontrol ideologis yang mencakup semua.

Protes paling berani terjadi di Shanghai, di mana massa secara terbuka menyerukan Xi untuk "mundur" selama dua malam berturut-turut. Lokasi protes Shanghai hanya sepelemparan batu dari Rumah Sakit Huadong, tempat Jiang meninggal.

Mengingat sejarah China tentang orang-orang yang turun ke jalan untuk meratapi kematian para pemimpin sebelumnya sambil menyuarakan keluhan mereka terhadap pemerintah yang sedang berkuasa, para pengamat telah memperingatkan bahwa kematian Jiang dapat menghidupkan kembali protes tersebut.

Tetapi kematiannya tidak menyebabkan luapan kemarahan yang nyata, karena pasukan keamanan China telah bergerak cepat untuk memadamkan demonstrasi jalanan di kota-kota besar dengan kehadiran polisi yang besar serta kampanye pengawasan dan intimidasi. Otoritas lokal juga mulai melonggarkan beberapa pembatasan Covid, setelah pejabat tinggi kesehatan negara itu menyatakan pengendalian pandemi telah memasuki "tahap dan misi baru".

Hingga Senin (5/12/2022), lebih dari 20 kota, termasuk Beijing dan Shanghai, telah membatalkan persyaratan tes Covid negatif di transportasi umum. Beijing lebih lanjut melonggarkan aturan pada Selasa, tidak lagi mewajibkan tes untuk memasuki supermarket, kantor, pusat perbelanjaan, komunitas perumahan, dan bandara, meskipun persyaratan masih berlaku untuk restoran, pusat kebugaran, dan tempat hiburan dalam ruangan.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini