Share

Usai Ancam Pembalasan, Korut Tembakkan Rudal Balistik Terbang Sejauh 900 Km Selama 67 Menit Mendarat di Laut Jepang

Susi Susanti, Okezone · Minggu 19 Februari 2023 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 19 18 2767563 usai-ancam-pembalasan-korut-tembakkan-rudal-balistik-terbang-sejauh-900-km-selama-67-menit-mendarat-di-laut-jepang-CgaW0zZTWw.jpg Korut tembakkan rudal usai ancam pembalasan (Foto: AP)

PYONGYANG Korea Utara menembakkan rudal balistik antarbenua (ICBM) pada Sabtu (18/2/2023 dalam latihan ‘kejutan’ untuk memastikan keandalan senjata tersebut.

Media pemerintah melaporkan rudal itu terbang sejauh 900 km (560 mil) selama 67 menit dan mendarat di Laut Jepang.

Pyongyang mengatakan tes tersebut menunjukkan bahwa pihaknya mampu melawan kekuatan musuh seperti Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan.

BACA JUGA: Dua WNI Korban Gempa Turki Bakal Diterbangkan ke Indonesia Minggu Depan

Dikutip BBC, penembakan rudal itu terjadi menjelang latihan bersama antara Washington dan Seoul pada bulan depan, yang dirancang untuk membantu menangkis meningkatnya ancaman nuklir Korea Utara.

BACA JUGA:  Korut Kecam Latihan Militer Gabungan AS-Korsel, Ancam Akan Balas Tindakan Keras

Pihak berwenang di Pyongyang telah mengancam akan melakukan pembalasan yang "sangat kuat" terhadap latihan semacam itu - yang menurutnya dilakukan sebagai persiapan untuk menyerang Korea Utara.

Hal ini diperkuat oleh pernyataan Kim Yo-jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, pada Minggu pagi (19/2/2023) yang mengatakan setiap tindakan permusuhan akan ditanggapi dengan tanggapan yang "kuat dan luar biasa". Dia juga mendesak AS untuk mengakhiri apa yang dia sebut "ancaman" terhadap rezim tersebut.

Namun dia menambahkan bahwa ibu kota Korea Selatan, Seoul, tidak akan menjadi sasaran rudal Korea Utara.

Follow Berita Okezone di Google News

Pada Jumat (17/2/2023), Korea Utara memamerkan kekuatan militernya yang besar dalam parade yang melibatkan lebih dari selusin ICBM.

Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida mengatakan pada Sabtu (18/2/2023), rudal yang pertama diluncurkan sejak hari tahun baru, jatuh ke barat Hokkaido, di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang pada pukul 18:27 (09:27 GMT).

ZEE adalah wilayah laut yang memiliki yurisdiksi suatu negara. Jepang adalah area 200 mil laut di lepas pantainya.

Juru bicara pemerintah Hirokazu Matsuno di Tokyo mengatakan rudal itu mencapai ketinggian 5.700 km, kata. Meskipun itu sangat tinggi - tepi ruang sekitar 100 km. Namun rudal itu bukan yang tertinggi yang pernah diterbangkan oleh rudal Korea Utara.

"Serangkaian tindakan Korea Utara ini mengancam perdamaian dan stabilitas Jepang dan komunitas internasional, dan benar-benar tidak dapat dimaafkan," terangnya.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Jepang Hamada Yasukazu mengatakan rudal pada Sabtu (18/2/2023) akan mampu melakukan ini, dengan kemungkinan jangkauan 14.000 km.

Pada November tahun lalu, sebuah ICBM mencapai ketinggian 6.100 km. Sebelumnya, pada Januari 2022, Korea Utara merilis foto luar biasa Bumi yang diklaim diambil dari peluncuran rudal yang mencapai 2.000 km.

ICBM sangat mengkhawatirkan karena jangkauannya yang jauh, termasuk daratan Amerika Serikat (AS).

"Perilaku sembrono" Korea Utara dikecam oleh para menteri luar negeri G7, yang menghadiri pertemuan puncak di Jerman. Dalam sebuah pernyataan, mereka mengatakan itu "mengancam perdamaian dan keamanan regional dan internasional" dan Dewan Keamanan PBB perlu mengambil tindakan yang lebih signifikan terhadap Pyongyang.

Militer Korea Selatan melaporkan rudal itu diluncurkan dari distrik Sunan, utara Pyongyang, tempat bandara internasional itu berada. Itu juga tempat Korea Utara meluncurkan sebagian besar tes ICBM baru-baru ini.

Program rudal balistik dan senjata nuklir Korea Utara dilarang oleh Dewan Keamanan PBB. Tapi ini tidak menghentikan Pyongyang untuk melanjutkan pengembangan senjatanya, dan mengadakan parade militer yang rumit untuk memamerkannya.

Lebih dari seminggu yang lalu, Pyongyang memamerkan rudal balistik antarbenua terbesarnya dalam parade militer tengah malam yang dihadiri oleh pemimpin Kim Jong-un.

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini