nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menang Gugatan di Bawaslu, Partai Garuda dan Berkarya Siap Hadapi Verifikasi Faktual

Badriyanto, Jurnalis · Sabtu 23 Desember 2017 15:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 23 337 1835047 menang-gugatan-di-bawaslu-partai-garuda-dan-berkarya-siap-hadapi-verifikasi-faktual-wY5q0mfDsc.jpg Sekjen Partai Garuda Abdullah Masyuri (foto: Badriyanto/Okezone)

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar sidang putusan perkara sengketa proses pemilu yang diajukan partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) dan Partai Berkarya menyoal hasil putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tidak meloloskannya untuk menjadi salah satu peserta pemilu 2019.

Adapun amar putusan itu, Bawaslu meminta KPU untuk meninjau kembali putusannya yang tidak meloloskan Partai Garuda. Sementara untuk Garuda diminta memperbaiki dokumen kepengurusan di tiga wilayah yakni Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi Papua dan Maluku sebagaimana di persoalkan KPU.

(Baca Juga: Bawaslu Perintahkan KPU Memberikan Kesempatan Partai Garuda Lengkapi Berkas Administrasinya)

"Saya minta teman-teman daerah dan nama-nama cabang kantor pengurus Partai Garuda di seluruh Indonesia untuk terus menancapkan semangat dalam berjuang untuk melewati tahapan berikutnya yakni verifikasi faktual," Sekretaris Jenderal Partai Garuda Abdullah Masyuri di Bawaslu, Jakarta Pusat, Sabtu (23/12/2017).

Menurut Abdullah, berdasarkan hasil mediasi Garuda dan KPU yang dilakukan Bawaslu telah disepakati bahwa kepengurusan di Yogyakarta, Papua dan Maluku sudah tidak ada persoalan atau sudah representatif, hanya saja yang perlu diperbaiki menyesuaikan dengan sistem milik KPU.

Dengan demikian, sesuai dengan batas waktu yang diberikan oleh Bawaslu melalui putusan sidang sengketa proses pemilu, semua itu dapat segera diselesaikan oleh Garuda. Dan selanjutnya ia akan fokus menghadapi tahap berikutnya yaitu verifikasi faktual.

(Baca Juga: KPU Tunda Pengumuman Hasil Perbaikan Administrasi Pemilu 14 Parpol)

"Kemarin mediasi dan kita sudah kroscek data dan tadi diputuskan bahwa kita ajukan ke tahapan berikutnya verifikasi faktual, tinggal beberapa hal yang belum sinkron, itu disinkronkan dalam waktu 1X24 jam," bebernya.

Sekedar diketahui, dalam putusan Bawaslu itu 1X24 yang dimaksud adalah setelah KPU selaku termohon melaksanakan putusan Bawaslu yakni 3 hati kerja terhitung dari 28-30 Desember 2017. Keputusan itu juga berlaku untuk Partai Berkarya besutan Tommy Soeharto sesama pihak pemohon.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini