nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Merasa Ditipu Perusahaan Travel Umrah PT SBL, Calon Jamaah Lapor Polisi

Djamhari, Jurnalis · Selasa 06 Februari 2018 16:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 06 338 1855510 merasa-ditipu-perusahaan-travel-umrah-pt-sbl-calon-jamaah-lapor-polisi-5uxBMxrq8G.jpg Calon jamaah laporkan perusahaan travel PT SBL ke polisi terkait dugaan penipuan dan penggelapan. (Foto: Djamhari/Okezone)

BEKASI – Kasus penipuan terhadap calon jamaah umrah kembali terjadi. Kali ini perusahaan Travel PT Solusi Balad Lumampah (SBL) yang beralamat, di Ruko Bekasi Town Square (Betos), Bekasi Timur, Kota Bekasi, diduga menipu calon jamaah.

Akibat aksi penipuan itu, korban pun mendatangi Mapolrestro Bekasi Kota, Jalan Pramuka Nomor 79, Bekasi Selatan, Selasa (6/2/2018) siang.

Kedatangan mereka ke sana untuk melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang diduga dilakukan Kepala Cabang perusahaan tersebut. Kuasa hukum jamaah, Sri Ani Sutianti mengaku mendapat kuasa dari 17 calon jamaah untuk melaporkan perusahaan biro jasa umrah tersebut.

Menurutnya, seluruh kliennya sudah menyetor uang Rp20,5 juta sejak Juni 2017, tapi hingga kini tidak diberangkatkan juga oleh perusahaan travelnya. “Sesuai jadwal, klien kami harusnya berangkat pada 24 Desember 2017, tapi sampai sekarang tak juga berangkat,” kata Sri Ani di Polres Metro Bekasi Kota, Selasa (6/2/2018).

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari para korban, kata Sri Ani, perusahaan selalu menunda keberangkatan para jamaah tanpa alasan yang jelas. Awalnya, mereka memaklumi penundaan itu. Namun, karena telah berkali-kali pemberangkatan ditunda, mereka tidak dapat menoleransinya.

“Jadwal pertama tanggal 24 Desember, lalu ditunda tanggal 29 Desember hingga 31 Desember dan sampai sekarang tak juga diberangkatkan oleh perusahaan,” jelas Sri Ani.

Adapun saat ini terkait kasus penipuan yang dialami para calon jamaah, diakui Sri Ani, pihaknya telah resmi membuat laporan pengaduan ke polisi sesuai, dengan nomor laporan STPL/64/K/II/2018/Restro Bks Kota.

(Baca Juga: Polda Jabar Terima Ribuan Pengaduan Calon Jamaah Umrah Korban Penipuan PT SBL)

Dalam surat itu, mereka melaporkan Kepala Cabang Bekasi PT SBL berinisial SYT atas dugaan penipuan. Soalnya, belasan jamaah membayar biaya perjalanan umrah ke rekening pribadi Bank Mandiri milik SYT.

“Ini kan perusahaan, harusnya rekening masuk ke perusahaan bukan ke rekening pribadi,” ujar Sri.

(Baca Juga: Banyak Agen Travel Bodong, Polri Imbau Jangan Gampang Tergoda Umrah Murah)

Sri berharap polisi mengusut kasus tersebut, sebab yang mengalami hal serupa seperti kliennya diprediksi lebih banyak lagi. “Kami minta agar kantornya disegel karena merugikan masyarakat,” katanya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini