nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tangkap 4 Tersangka, BNN Gagalkan Penyelundupan 50 Kg Sabu

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Minggu 19 Mei 2019 13:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 19 337 2057568 tangkap-4-tersangka-bnn-gagalkan-penyelundupan-50-kg-sabu-SxUx2UfMIs.jpg BNN gagalkan penyelundupan 50 kg sabu dan 23 ribu butir ekstasi di Riau. (Dok BNN)

JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) menggagalkan adanya penyelundupan narkotika jenis sabu dan ekstasi di wilayah Dumai, Riau. Dalam operasi tersebut, petugas mendapatkan barang bukti sabu seberat 50 kilogram (kg) dan 23 ribu butir pil ekstasi.

"Berawal dari informasi masyarakat bahwa pada Jumat 17 Mei 2019 di wilayah Dumai - Riau akan ada transaksi narkoba," kata Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari, Jakarta, Minggu (19/5/2019).

Dalam operasi ini, penyidik BNN telah menangkap empat orang tersangka. Mereka adalah Roni, Hari, Iwan, dan Radianto. Bahkan, petugas harus meletuskan tembakan terhadap Hari dan Iwan.

Menurut Arman, tembakan kepada pelaku harus dilakukan lantaran tersangka mencoba melarikan diri ketika hendak diperiksa. Pasalnya, kedua tersangka yang ditembak itu, sempat ingin menabrak petugas dengan mobil.

"Terjadi kejar-mengejar. Tim berupaya menghentikan dengan tembakan peringatan dan menutup jalan dengan kendaraan truk. Namun, tetap berupaya melarikan diri dengan menabrak mobil petugas sehingga petugas melakukan penembakan terarah ke mobil dan berhasil dihentikan," ujar Arman.

Penyelundupan 50 kg sabu dan 23 ribu butir ekstasi di Riau. (Dok BNN)

Dari evaluasi penangkapan ini, Arman menuturkan, adanya perubahan lokasi penyelundupan dari titik masuk perairan Aceh ke perariran Riau. Mengingat, saat ini terdapat peningkatan penyelundupan sabu dari Malaysia ke Indonesia masuk melalui daerah Rupat, Bengkalis, Dumai, Riau.

"Menggunakan transportasi jalur laut dengan modus penangkapan ikan dan serah terima narkoba antarsindikat di tengah laut kapal ke kapal (ship to ship)," ucap Arman.

Penyelundupan 23 ribu ekstasi di Riau digagalkan. (BNN)

Dari penangkapan itu, BNN mengamankan beberapa barang bukti antara lain, 50 kg sabu; pil ekstasi warna biru, hijau, dan kuning sebanyak 23.000 butir, satu mobil Fortuner, satu mobil Avanza, dan handphone.


Baca Juga : BNN Amankan 7 Kg Sabu dan Ribuan Ekstasi di Bangka Belitung

"Seluruh tersangka dan barang bukti saat ini sudah dibawa ke BNN Jakarta," tutur Arman.


Baca Juga : Pelabuhan Ilegal Jadi Pintu Masuk Peredaran Narkoba di Babel

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini