Sidang Sengketa Pileg, Perindo Ingin Penghitungan Suara di Dapil 3 Jember Diulang

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Selasa 09 Juli 2019 15:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 09 606 2076601 sidang-sengketa-pileg-perindo-ingin-penghitungan-suara-di-dapil-3-jember-diulang-k1xLbFZTuc.jpg Sidang sengketa Pileg 2019 di MK (foto: Sarah/Okezone)

JAKARTA - Partai Perindo menjadi salah satu pemohon dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Legislatif 2019 yang digelar di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk wilayah Jawa Timur.

Dalam permohonannya, Partai Perindo mengajukan pembatalan terhadap keputusan pihak termohon, Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk DPRD daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Jember 3.

"Betul, khususnya dapil 3 bahwa terhadap penetapan perolehan suara yang dilakukan oleh termohon khususnya Jember dapil 3 terdapat perbedaan selisih perhitungan antara pemohon dengan termohon," ujar kuasa hukum Perindo, Dian Agusdiana dalam persidangan di MK, Selasa (9/7/2019).

 Baca juga: Meski Hari Libur, MK Tetap Terima Kelengkapan Administratif Gugatan Pemilu

"Sehingga sangat merugikan pemohon dengan bertambahnya perolehan suara dari partai lain sehingga perolehan suara pemohon menjadi rendah," tambahnya.

 Palu Hakim

Selain itu, saksi Partai Perindo merasa disulitkan oleh pertugas TPS untuk mendapatkan salinan C1. Sehingga, pihaknya pun menolak hasil yang dikeluarkan oleh KPU untuk DPRD Kabupaten Jember Dapil 3.

Tindakan petugas TPS termohon telah memepersulit saksi untuk mendapatkan salinan C1 kemudian permohonannya adalah membatalkan keputusan KPU nomor 987/PL/01.8-KP/06/KPU/V/2009 tentang penetapan hasil pemilihan umum presiden dan wakil presiden, anggota dewan perwakilan rakyat, anggota dewan perwakilan daerah, dewan perwakilan rakyat daerah provinsi, dan dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten/kota yang diumumkan secara nasional dalam pemilu kabupaten.

 Baca juga: Ketua DPR Sebut Penolakan Hasil Pilpres Akan Berdampak di Pileg

Oleh sebab itu, ketika ditanya oleh Hakim Arief Hidayat kalau inti dari petitum yang diajukan oleh Partai Perindo adalah agar dilakukan kembali penghitungan suara ulang untuk dapil tersebut.

"Petitumnya intinya anda meminta penghitungan suara ulang?" tanya Arief di dalam persidangan.

"Iya yang Mulia. Yang kami sampaikan ini yang kami dapatkan buktinya saja Yang Mulia. Dari bukti-bukti ini informasinya seluruh TPS melakukan hal yang sama. Kami juga dapat informasi bahwa nanti disaksi yang kami akan sampaikan akan juga akan menambahkan bukti C1 yang lainnya Yang Mulia," ungkap Dian.

 Palu Hakim

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini