nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hong Kong Sebut China Mendukung Pencabutan RUU Ekstradisi yang Kontroversial

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 14:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 05 18 2100994 hong-kong-sebut-china-mendukung-pencabutan-ruu-ekstradisi-yang-kontroversial-Epbnfh2oea.JPG Pemimpin Hong Kong Carrie Lam. (Foto/Reuters)

HONG KONG - Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengatakan bahwa China “memahami, menghormati dan mendukung” langkah pemerintahnya untuk secara resmi mencabut rancangan undang-undang ekstradisi yang kontroversial

Langkah itu diharapkan dapat membantu perkembangan Hong Kong setelah dilanda protes selama berbulang-bulan.

Dalam sebuah konferensi pers Kamis (5/9/2019), Lam berulang kali ditanyai mengapa perlu waktu begitu lama untuk menarik RUU yang memungkinkan tersangka dari Hong Kong bisa diekstradisi ke China daratan padahal protes semakin serius.

"Tidak tepat untuk menjelaskan perubahan ini," jawabnya mengutip Reuters.

Foto/Reuters

Dia menambahkan bahwa penarikan penuh RUU itu adalah keputusan yang dibuat oleh pemerintahnya dengan dukungan pemerintah pusat China.

"Pemerintah pusat mengerti mengapa kita harus melakukannya. Mereka menghormati pandangan saya, dan mereka mendukung saya sepenuhnya,” kata Lam.

Baca juga: Aktivis Hong Kong Imbau Kanselir Jerman Hati-Hati Berbisnis dengan China

Baca juga: Polisi Hong Kong Tangkap Demonstran Berusia 12 Tahun

RUU ekstradisi membuat protes yang telah menjerumuskan Hong Kong ke dalam krisis politik terburuk dalam beberapa dekade.

Foto/Reuters

Lam juga mengumumkan pemerintahnya juga membuka dialog dengan masyarakat untuk mengatasi masalah ekonomi, sosial, dan politik.

"Kita harus menemukan cara untuk mengatasi ketidakpuasan di masyarakat dan mencari solusi," katanya.

Penarikan RUU itu merupakan salah satu dari lima tuntutan demonstran pro-demokrasi, meskipun banyak demonstran dan anggota parlemen mengatakan langkah itu terlalu sedikit dan sudah terlambat.

Pedemo juga menuntut pencabutan kata "kerusuhan" untuk menggambarkan aksi unjuk rasa, pembebasan semua demonstran, penyelidikan independen terhadap kebrutalan polisi.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini