China dan Korsel Sepakat Bekerja Sama Terkait Isu Korut

Jum'at 27 November 2020 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 18 2317543 china-dan-korsel-sepakat-bekerja-sama-terkait-isu-korut-gL4XSuQgKm.jpg Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi. (Foto: Blue House)

SEOUL - Korea Selatan dan China telah sepakat untuk bekerja sama terkait negosiasi program nuklir Korea Utara yang terhenti dan mempersiapkan kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Seoul setelah pembicaraan serangkaian pembicaraan tingkat tinggi.

Pada Kamis (26/11/2020) Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in bertemu dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, dan mengucapkan "terima kasih" kepada Beijing atas "peran dan kerja sama yang konstruktif" dalam proses pencapaian perdamaian Korea, demikian dilaporkan Yonhap.

BACA JUGA: Pembicaraan Nuklir AS Vs Korea Utara Mendadak Terhenti

"Pemerintahan kami tidak akan menghentikan upaya untuk mengakhiri (secara resmi) perang di Semenanjung Korea dan mencapai denuklirisasi lengkap dan perdamaian yang bersifat permanen bersama dengan komunitas internasional, termasuk China," kata Moon selama pertemuan mereka, sebagaimana dikutip Wang Yi.

Wang mengatakan bahwa upaya menyelesaikan masalah Semenanjung Korea maka harus dilakukan melalui cara berdialog. Menurutnya, pencapaian denuklirisasi di Semenanjung Korea dapat dicapai dengan cara "bertahap dan sinkron" untuk mencegah terjadinya "perang dan kekacauan".

BACA JUGA: China Dorong AS Lanjutkan Pembicaraan soal Nuklir Korea Utara

Diplomat tertinggi China itu tiba di Seoul pada Rabu (27/11/2020), saat Korea Selatan mempersiapkan kemungkinan perubahan dalam kebijakan Amerika Serikat (AS) di bawah pemerintahan Joe Biden.

Baik Korea Selatan dan Jepang adalah sekutu AS dan tuan rumah pangkalan militer

Pada dasarnya China dan Korea Selatan secara tradisional saling mencurigai dalam berbagai aspek, tetapi dalam beberapa tahun terakhir mereka menemukan kesamaan dalam kerja sama ekonomi dan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

(Bernadus Melkianus Danomira)

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini