Wow, Nelayan Ini Temukan "Ambergris" 7 Kg Seharga 4 Miliar

Susi Susanti, Koran SI · Rabu 20 Januari 2021 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 18 2347528 nelayan-thailand-temukan-ambergris-7-kg-seharga-4-miliar-dixVjEmRp6.jpg Foto: ViralPress

THAILAND - Nelayan Thailand menemukan bongkahan muntahan ikan paus seharga 210.000 poundsterling (Rp4 miliar).

Chalermchai Mahapan, 20, menemukan gumpalan muntahan ikan seberat 7 kilogram saat merapatkan perahunya di Pantai Samila di provinsi Songkhla selatan pada 6 Januari lalu.

Dia mengatakan saat itu dia hendak keluar menangkap belanak. Namun cuaca tiba-tiba berubah dan dia terpaksa kembali ke pantai lebih awal.

Saat dia mendorong kapalnya ke dermaga, Chalermchai mengatakan dia melihat gumpalan putih di pasir yang didorong oleh arus ke arah pantai.

Awalnya, nelayan mengira itu hanya batu biasa tetapi setelah melihat lebih dekat, dia curiga itu mungkin sesuatu yang berharga.

Chalermchai membawa pulang gumpalan misterius itu untuk mencoba mencari tahu apa itu.

“Aku tidak tahu benda apa ini sampai aku bertanya kepada penduduk desa tua di sini yang memberitahuku tentang ambergris,” katanya, dikutip Daily Mail. Ambergris adalah zat yang terbentuk dari sekresi saluran empedu di usus paus sperma.

(Baca juga: Hillary Clinton Tuduh Trump Telepon Putin Saat Kerusuhan Capitol)

Gumpalan ini dapat ditemukan mengambang di laut atau terdampar di sepanjang garis pantai. Kadang-kadang, ini juga ada di perut paus itu sendiri.

Ambergris memiliki bau busuk pada awalnya. Namun setelah mengering, dia akan berbau wangi yang manis dan tahan lama, yang membuatnya menjadi bahan yang dicari di industri parfum.

(Baca juga: Frustasi Diblokir, Trump Singgung Twitter di Pidato Perpisahannya)

Potongan gumpalan ini pun dicoba dibakar di tutup kaleng yang terbuka yang mengkonfirmasi jika zat itu memang ambergris karena cepat meleleh.

Sampel pun dikirim ke lab untuk dipastikan keasliannya.

“Saya merasa sangat beruntung telah menemukannya,” terangnya.

Nelayan muda itu sekarang menunggu pembeli dengan harga 1,00,000 baht Thailand atau 24.500 poundsterling (Rp470 juta) per kilogram.

“Saya tidak terburu-buru menjual ini,” ungkapnya.

“Seorang agen akan menemukan pembeli internasional untuk itu,” lanjutnya.

Pada April 2016, bola ambergris seberat 1,57 kilogram ditemukan di Lancashire dijual seharga 50.000 poundsterling (Rp959 juta).

Pada November 2016, tiga nelayan Oman menemukan ambergris seberat 80 kilogram dan menjualnya seharga USD3 juta (Rp42 miliar).

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini