Belum Move On, Pendukung Trump di Jepang Demonstrasi Jelang Pelantikan Biden

Fakhri Rezy, Okezone · Rabu 20 Januari 2021 20:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 18 2347942 belum-move-on-pendukung-trump-di-jepang-demonstrasi-jelang-pelantikan-biden-Vk2TIWv6Rx.jpg Pendukung Trump di Jepang (Foto: Reuters)

JAKARTA - Sekelompok kecil penggemar Donald Trump di Jepang turun ke jalan-jalan Tokyo pada hari Rabu (20/1/2021). Di mana, mereka meneriakkan dukungan untuk presiden Amerika Serikat yang akan keluar beberapa jam sebelum penggantinya Joe Biden dilantik.

Sekitar 120 orang bergabung dalam pawai di pusat kota Tokyo, dengan peserta yang mengibarkan bendera Amerika dan Jepang serta memegang spanduk yang mengklaim bahwa Trump adalah "pemenang sebenarnya" dari pemilihan 3 November.

 Baca juga: Jelang Pelantikan Joe Biden, 200 Ribu Bendera AS Menghiasi National Mall

Biden dari Partai Demokrat memenangkan pemilihan dengan 306 suara dari Electoral College dibandingkan dengan 232 suara Trump.

"Kami ingin menunjukkan bahwa banyak orang di Jepang mendukung Presiden Trump," kata penyelenggara aksi, Naota Kobayashi melansir Reuters, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

 Baca juga: Jelang Pelantikan, Presiden Iran Minta Joe Biden Kembali ke Perjanjian Nuklir

“Kami semua bernyanyi bersama sehingga suara kami dapat terbang di atas Samudra Pasifik dan mencapai AS,” tambahnya.

Beberapa penggemar Trump di Jepang tertarik pada sikap garis kerasnya terhadap saingan regional China. Yang lain seperti Kobayashi adalah bagian dari sekte Kristen konservatif, sementara yang lain adalah penganut QAnon - sebuah teori konspirasi yang menyatakan bahwa Trump diam-diam melawan komplotan rahasia global pemangsa seks anak yang mencakup Demokrat terkemuka, elit Hollywood, dan sekutu "negara bagian dalam".

Tokyo telah menyaksikan serangkaian demonstrasi pro-Trump sejak pemilu, dengan para peserta melambaikan spanduk kampanyenya dan mengenakan topi merah khasnya. Pawai hari Rabu lebih kecil dari beberapa acara sebelumnya.

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang mengundurkan diri Agustus lalu, menjalin hubungan dekat dengan Trump, bermain golf, dan sering melakukan panggilan telepon dan rapat.

Biden akan menjadi presiden AS ke-46 pada sebuah upacara di Washington yang telah diperkecil karena tindakan pencegahan virus corona dan masalah keamanan menyusul serangan 6 Januari di Capitol AS oleh pendukung Trump.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini