Belanda Dilanda Badai Salju Besar Pertama dalam Satu Dekade, Transportasi Terganggu

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 08 Februari 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 18 2358555 belanda-dilanda-badai-salju-besar-pertama-dalam-satu-dekade-transportasi-terganggu-NnCyAn1Xj4.jpg Seorang pria berjalan di jalanan bersalju di Rotterdam, Belanda, 7 Februari 2021. (Foto: Reuters)

AMSTERDAM - Belanda dilanda badai salju besar pertama dalam satu dekade, di saat cuaca dingin melanda sebagian besar Eropa utara. Cuaca ekstrem mendorong pemerintah menutup semua pusat pengujian virus corona.

Transportasi terganggu dan hubungan kereta api dengan Jerman, yang wilayah utaranya juga diselimuti salju, telah ditangguhkan.

Cuaca dingin ini disebabkan oleh Badai Darcy, yang juga memengaruhi beberapa bagian Eropa. Salju lebat turun hampir sepanjang hari, yang menyebabkan penundaan lama di jalan. Orang-orang disarankan untuk menghindari bepergian dan ada laporan puluhan mobil tergelincir di jalan.

BACA JUGA: Lupa Minta Izin Pembangunan, Rumah Senilai Rp Rp896 Miliar Diperintahkan Dihancurkan

Bandara Eindhoven ditutup dan penerbangan masuk dialihkan ke Jerman, sementara bandara Schiphol di Amsterdam memperingatkan bahwa para pelancong dapat menghadapi penundaan.

Peringatan cuaca "Kode Merah" diumumkan di Belanda sepanjang Minggu (7/2/2021), yang berarti angin dengan kecepatan hingga 90 km dan "dingin yang menggigit" diperkirakan akan terjadi. Satu situs jejaring prakiraan cuaca Belanda, Weer.nl, mengatakan kombinasi angin kencang dan salju lebat telah memenuhi definisi resmi badai salju.

BACA JUGA: Diselimuti Pasir Gurun Sahara, Langit Kota-Kota Eropa Berubah Oranye

"Ini adalah badai salju pertama dalam waktu yang lama: badai salju terakhir terjadi pada Januari 2010," kata laman itu sebagaimana dilansir BBC.

Sebagian besar negara telah melihat 5-10 cm salju pada Minggu sore, tetapi beberapa telah turun lebih dari 30 cm. Suhu telah turun menjadi -6C, di utara Groningen dan kondisi serupa juga terjadi di beberapa tempat lain.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini