Imigrasi Segera Deportasi 2 WNA yang Kelabui Satpam dengan Lukis Masker di Wajah

Mohamad Chusna, Sindonews · Jum'at 30 April 2021 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 244 2403528 imigrasi-segera-deportasi-2-wna-yang-kelabui-satpam-dengan-lukis-masker-di-wajah-MHCnr7Ucgg.jpg Ilustrasi (Foto: istimewa)

BALI - Imigrasi segera mendeportasi dua warga negara asing (WNA) yang sempat bikin heboh melukis wajahnya menyerupai masker untuk mengelabui satpam saat berbelanja di swalayan di Bali.

Kedua WNA itu adalah Leia Se (25) asal Rusia dan Lin Chi Chen alias Joshua (32) asal Taiwan.

"Keduanya ditempatkan di ruang detensi imigrasi," kata Kepala Kantor Hukum dan HAM Bali Jamaruli Manihuruk, Jumat (30/4/2021).

Dia menjelaskan, kedua orang asing itu dikenakan Pasal 75 Jo 71 huruf (b) UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang kemigrasian. Pasal itu menyebutkan orang asing yang tidak menghormati UU di Indonesia bisa dikenakan sanksi imigrasi berupa tindakan keimigrasian berupa pendeportasian.

Baca juga: Viral Cewek Bule Lukis Wajahnya Menyerupai Masker, Sanksinya Masih Dikaji

Keduanya dinyatakan melanggar Pergub Bali No 10 Tahun 2021 tentang penerapan disiplin dan penerapan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. "Pergub itulah yang kita jadikan dasar pendeportasian," imbuh Jamaruli.

Baca juga: Kemenkumham Sebut Bule Viral Lukis Masker di Wajah Tak Langgar Keimigrasian

Seperti diberitakan, ulah cewek bule itu bermula ketika dia dan pasangannya akan masuk ke sebuah swalayan di Bali. Petugas satpam yang memergoki melarang, karena si cewek bule itu tidak memakai masker.

Keduanya lalu kembali masuk ke mobil. Si cewek bule lalu melukis wajahnya dengan gambar masker. Keduanya lalu keluar dari mobil dan kembali masuk ke swalayan dan lolos dari pengawasan satpam.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini