Arab Saudi Larang Maskapai Israel Gunakan Wilayah Udaranya

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 28 Mei 2021 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 18 2416714 arab-saudi-tolak-izinkan-maskapai-israel-gunakan-wilayah-udaranya-kamvX1Z4wY.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

RIYADH - Arab Saudi telah menolak memberikan izin bagi maskapai penerbangan Israel untuk terbang melalui wilayah udaranya, memaksa penerbangan ke Uni Emirat Arab tersebut dibatalkan. Penerbangan yang dioperasikan oleh Israir, maskapai penerbangan Israel terbesar kedua itu tertahan selama sepuluh jam di Bandara Ben Gurion sebelum dibatalkan.

Alasan penolakan itu sejauh ini masih belum jelas, sementara Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan penerbangan tersebut dibatalkan karena “kegagalan teknis”, demikian diwartakan Middle East Monitor.

BACA JUGA: Arab Saudi Kutuk Serangan di Gaza, Sebut Israel Lakukan "Pelanggaran Terang-terangan"

Insiden, yang kemungkinan akan memunculkan spekulasi tentang hubungan Arab Saudi dan Israel, itu terjadi hanya lima bulan sejak Riyadh membuka wilayah udara Kerajaan untuk pesawat Israel. Pembukaan wilayah udara itu dilakukan setelah normalisasi hubungan antara Zionis dan Uni Emirat Arab (UEA), yang diikuti oleh Bahrain, Sudan dan Maroko tahun lalu.

BACA JUGA: Catat Sejarah, Penerbangan Langsung Pertama dari Israel Mendarat di UEA

Warga Palestina didukung oleh kelompok masyarakat sipil di seluruh dunia dalam mengutuk kesepakatan normalisasi yang disponsori Amerika Serikat (AS) itu.

Dengan ditutupnya wilayah udara Saudi bagi maskapai Israel, penerbangan antara negara pendudukan itu dengan UEA tidak dapat dilanjutkan. Tanpa melalui wilayah udara Saudi, penerbangan yang seharusnya memakan waktu tiga jam akan menjadi delapan jam.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini