Biden Tangguhkan Proyek Tembok Perbatasan, Anggaran yang Dialihkan Trump Akan Dikembalikan

Agregasi VOA, · Minggu 13 Juni 2021 05:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 13 18 2424312 biden-tangguhkan-proyek-tembok-perbatasan-anggaran-yang-dialihkan-trump-akan-dikembalikan-zg6V0p7DtE.jpg Presiden AS Joe Biden (Foto: Reuters)

BERDASARKAN rencana pemerintahan Biden yang diumumkan Jumat 11 Juni, proyek tembok perbatasan yang diusulkan mantan Presiden Donald Trump akan kehilangan banyak dana anggaran serta status "jalur cepat" (fast track) yang memungkinkan proyek itu mengabaikan berbagai peraturan lingkungan.

Presiden Joe Biden menangguhkan pembangunan tembok perbatasan setelah menjabat, sementara pemerintahannya meninjau proyek tersebut. Penangguhan itu membuat marah Partai Republik di Kongres yang ingin dilanjutkan di tengah meningkatnya kekhawatiran para migran di sepanjang perbatasan barat daya AS.

Rencana baru itu tidak secara langsung membatalkan proyek tembok itu, tetapi kemungkinan masih menghadapi tentangan di Kongres, di mana banyak Partai Republik ingin mendukung proyek yang terkait erat dengan mantan presiden itu.

Baca Juga:  Jelang Pertemuan, Putin Berharap Biden Tak "Seimpulsif" Trump

Biden berencana untuk mengembalikan lebih dari $2 miliar yang dialihkan pemerintahan Trump dari Pentagon untuk membantu membiayai tembok itu dan menggunakan dana lain yang dialokasikan oleh Kongres untuk mengatasi "masalah kehidupan, keselamatan, dan lingkungan yang mendesak". Rencana itu juga meminta kepada anggota Kongres agar tidak memberikan dana tambahan apa pun untuk apa yang menurut tim Biden dikatakan sebagai upaya yang tidak perlu.

"Membangun tembok besar yang membentang di seluruh perbatasan selatan dan merugikan pembayar pajak Amerika miliaran dolar bukanlah solusi kebijakan yang serius atau penggunaan dana federal yang bertanggung jawab," kata Kantor Manajemen dan Anggaran dalam sebuah pernyataan yang menguraikan rencana tersebut.

Pemerintah telah membangun tembok dan penghalang lain di sepanjang perbatasan AS-Meksiko sepanjang 2.000 mil (3.200 kilometer) selama beberapa dekade untuk menutup beberapa rute yang lebih mudah untuk menghindari pos pemeriksaan. Trump menjadikan masalah ini menjadi inti dari identitas politiknya.

Baca Juga:  Dubes Zuhair Al-Shun: Israel Tak Mau Ciptakan Perdamaian di Tanah Suci

Trump bertekad untuk membangun tembok yang "hampir tidak bisa ditembus", dan bersikeras itu akan didanai oleh Meksiko, yang tidak pernah terjadi. Sebaliknya, pemerintahannya menyisihkan sekitar $15 miliar melalui kombinasi alokasi Kongres dan mengambil dana Pentagon dan bagian lain dari pemerintah.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini