Share

Disembunyikan dalam Samsak Tinju, Narkoba Senilai Rp425 M Berhasil Diungkap

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 23 Desember 2021 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 18 2521701 disembunyikan-dalam-samsak-tinju-narkoba-senilai-rp425-m-berhasil-diungkap-EXJ99Dzy3C.JPG Foto: Reuters.

BANGKOK - Pihak berwenang Thailand telah menyita narkotika jenis kristal metamfetamin dengan nilai jalanan hampir USD30 juta (sekira Rp425 miliar) yang dimasukkan ke dalam karung samsak tinju. Metamfetamine dalam jumlah besar itu akan dikirimkan ke Australia, kata para pejabat, Kamis (23/12/2021).

Dalam konferensi pers di Bangkok, pejabat mengatakan bahwa petugas bea cukai memeriksa pengiriman itu karena curiga terhadap peralatan pelatihan buatan Thailand yang tidak banyak diminati di Australia.

BACA JUGA: Laporkan Kasus Omicron Transmisi Lokal Pertama, Thailand Pertimbangkan Terapkan Lagi Karantina

Lebih dari 193 kg narkotika, yang juga dikenal sebagai ice itu, disembunyikan di antara 15 kantong berbeda.

Dikelilingi oleh kamera, seorang petugas bea cukai Thailand mengiris sebuah kotak kardus panjang dan kemudian samsak, memperlihatkan obat-obatan yang tersembunyi di antara isiannya.

"Australia mengonsumsi sekitar 11 ton metamfetamin per tahun," kata Penjabat Inspektur Angkatan Perbatasan Australia Joel Carruthers sebagaimana dilansir Reuters.

BACA JUGA: Turis Asing Kembali Serbu Thailand, Ribuan Monyet pun Ikut "Berpesta"

"Jadi ada pasar untuk itu, dan mengganggu (pasar narkotika) di luar negeri di negara-negara seperti Thailand adalah hal yang fantastis."

Produksi metamfetamin di Segitiga Emas Asia Tenggara, wilayah perbatasan antara Thailand, Laos dan Myanmar, telah meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir, menurut Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini