Share

Putin: China Akan Lampaui dan Akhiri Dominasi AS

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 24 Desember 2021 07:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 18 2521837 putin-china-akan-lampaui-dan-akhiri-dominasi-as-MQEN4xf0Bu.jpg Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Reuters)

MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa China akan melampaui Amerika Serikat (AS) di aspek ekonomi dan mengalahkan dominasi Negeri Paman Sam itu dalam tiga dekade ke depan.

Berbicara kepada wartawan pada konferensi pers akhir tahun tahunannya pada Kamis (23/12/2021) Putin mengatakan bahwa saat ini ekonomi China sudah lebih besar dari AS dalam hal daya beli.

Jet Tempur Pembom Rusia dan China Berpatroli Bersama, Tidak Targetkan Negara Ketiga

“Pada 2035-2050, itu (China) akan melampaui (Amerika Serikat) dan akan menjadi ekonomi terkemuka di dunia menurut semua metrik,” kata Putin sebagaimana dilansir RT.

Putin menuding negara-negara Barat berupaya melemahkan dan pertumbuhan ekonomi China, menyebutnya sebagai tindakan yang “tidak dapat diterima dan keliru”.

BACA JUGA: Rusia dan China Desak Dewan Keamanan PBB Bertemu Bahas Uji Coba Rudal AS

Rusia dan China tengah menikmati hubungan yang baik dalam beberapa tahun belakangan.

Menurut Putin, China adalah mitra nomor satu Rusia dan kedua negara memiliki “hubungan yang sangat saling percaya yang membantu kerja sama bisnis bilateral.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Awal bulan ini, Putin dan Presiden China Xi Jinping mengadakan pembicaraan melalui tautan video di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara dengan negara-negara Barat.

Selain di bidang ekonomi, China dan Rusia juga merupakan mitra kerja sama di bidang keamanan dan militer.

“Kami bekerja sama di bidang keamanan. Tentara China dilengkapi secara signifikan dengan sistem senjata paling canggih di dunia. Kami bahkan mengembangkan senjata berteknologi tinggi tertentu bersama-sama,” tambah Putin.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini