Share

Tipu Wanita Lewat Medsos, Pria Pengangguran Bawa Kabur Motor dan Uang

Antara, · Rabu 19 Januari 2022 00:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 340 2534215 tipu-wanita-lewat-medsos-pria-pengangguran-bawa-kabur-motor-dan-uang-wcBEEE48IP.jpg Illustrasi (foto: freepick)

SIDOARJO - Satuan Reskrim Polresta Sidoarjo, Jawa Timur mengungkap kasus penipuan dan penggelapan yang dilakukan pria berinisial NH dengan mencari korban lewat media sosial.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan, pelaku NH menjaring korbannya dengan menggunakan media sosial.

"Kemudian pelaku berkenalan dengan K perempuan asal Tulangan, Sidoarjo," katanya, Selasa (18/1/2022).

Baca juga: Bandar Arisan Online Ditangkap Usai Tipu Warga Ratusan Juta

Ia mengatakan, sekitar enam bulan keduanya melakukan komunikasi secara intensif melalui media sosial hingga akhirnya memutuskan untuk melakukan pertemuan tatap muka.

"Dari perkenalan keduanya di media sosial, berlanjut pertemuan tatap muka langsung sebanyak dua kali," ujarnya.

Baca juga: Mantan Plt Kadis Dukcapil Nekat Penyalahgunaan KTP untuk Dapat Ambulans dari Parpol

Pada pertemuan kedua di sebuah kafe di Porong, NH, meminjam sepeda motor K untuk ke sebuah tempat, namun setelah ditunggu hingga beberapa jam NH tidak kembali. Karena merasa telah menjadi korban penipuan atau penggelapan, kata dia, korban K akhirnya melaporkan kejadian tersebut di Polsek Porong Polresta Sidoarjo.

Ia mengaku, kehilangan satu unit sepeda motor yang sampai sekarang masih dalam pencarian barang bukti oleh polisi. Selain itu, di dalam jok motor ada uang tunai senilai Rp3 juta dan satu unit telepon genggam.

β€œDari laporan korban, polisi langsung menangkap NH sebagai tersangka kasus penipuan atau penggelapan, sebagaimana dalam Pasal 372 atau 378 KUHP dengan ancaman penjara selama empat tahun,” ujar dia.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat, agar bijak dalam menggunakan media sosial. Serta jangan mudah percaya dengan orang tak dikenal, melalui media sosial.

"Sekali lagi, kepada masyarakat lebih berhati-hati jika berkenalan dengan orang terutama melalui media sosial," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini