Share

Terjebak di Perang Rusia-Ukraina, Dokter India Ini Hidup Bersama Jaguar dan Panther di Ruang Bawah Tanah

Susi Susanti, Okezone · Selasa 08 Maret 2022 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 18 2558051 terjebak-di-perang-rusia-ukraina-dokter-india-ini-hidup-bersama-jaguar-dan-panther-di-ruang-bawah-tanah-vcKT9aNQqG.jpg Dokter India terjebak di perang Rusia-Ukraina dengan panther hitam dan jaguar (Foto: Girikumar Patil)

UKRAINA - Selama lebih dari seminggu, seorang dokter India terjebak di Ukraina akibat perang yang pecah di sana. Sang dokter hidup bersembunyi ruang bawah tanah di rumah dengan kucing besar peliharaannya yakni Panther hitam dan Jaguar.

Girikumar Patil, 40, mengatakan dia tidak akan meninggalkan rumah tanpa hewan peliharaannya. Dia telah hidup selama lebih dari enam tahun di Severodonetsk, sebuah kota kecil yang terletak di wilayah Donbas Ukraina timur.

Setelah perang dimulai, Giri, yang masih lajang, telah melangkah keluar dari ruang bawah tanah yang sempit hanya untuk membeli makanan untuk kucing-kucingnya - jaguar jantan berusia 20 bulan dan panther wanita adalah anak berusia enam bulan - setelah jam malam berakhir di pagi hari.

Dia mengatakan jaguar adalah hibrida langka antara macan tutul jantan dan jaguar betina.

Sejauh ini, Giri mengatakan dia telah membeli 23 kg domba, kalkun dan daging ayam dari desa-desa tetangga dengan harga empat kali lebih tinggi dari biasanya.

 Baca juga: Presiden Ukraina Serukan Boikot Minyak Rusia, Sanksi Ekonomi Perlu Ditingkatkan

"Kucing-kucing besar saya telah menghabiskan malam di ruang bawah tanah dengan saya. Ada banyak pemboman yang terjadi di sekitar kita. Kucing-kucing itu takut. Mereka kurang makan. Saya tidak bisa meninggalkan mereka," terangnya kepada BBC.

Baca juga:  Rusia Tuduh Ukraina Hancurkan Bukti Program Senjata Biologi yang Didanai AS

"Ini adalah perang kedua yang aku jalani. Tapi ini lebih menakutkan,” lanjutnya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Giri mengatakan dia sebelumnya tinggal di Luhansk, tempat yang dihuni pemberontak yang didukung Rusia yang telah memerangi pasukan Ukraina sejak 2014 meskipun ada perjanjian gencatan senjata.

Dia mengatakan selama pertempuran di wilayah ini, rumahnya dan restoran India yang dibuka di daerah itu hancur.

Dia kemudian pindah ke Severodonetsk, sekitar 100 km (62 mil), membeli tempat baru, mulai berlatih kedokteran dan membeli hewan peliharaan barunya.

"Sekarang aku terjebak di zona perang. Kali ini aku benar-benar khawatir. Orang tua saya telah memanggil saya dan meminta saya untuk pulang, tetapi saya tidak bisa meninggalkan binatang," ujarnya.

Giri yang berasal dari negara bagian Andhra Pradesh India selatan, mengatakan bahwa ia menghabiskan USD35.000 (Rp503 juta) untuk membeli Panther dan Jaguar dari Zoo Kiev sekitar 20 bulan yang lalu. Dia mengatakan kebun binatang itu memungkinkan penjualan hewan swasta asalkan pemilik memiliki ruang yang cukup untuk menjaga mereka. Dia juga memiliki akta kelahiran hewan dari kebun binatang.

Giri mengatakan dia tiba di Ukraina pada 2007 untuk belajar kedokteran. Sejak 2014, ia telah menjadi dokter ortopedi dan sekarang bekerja di rumah sakit pemerintah di Severodonetsk yang ditutup setelah perang dimulai. Dia mengatakan dia juga melakukan praktik pribadi.

Di Severodonetsk, Giri tinggal di rumah dua lantai enam kamar dengan kandang kecil untuk binatang. Dia mengatakan dia menghabiskan sebagian besar penghasilannya pada hewan peliharaannya. Dia juga memiliki tiga anjing. Dia mencoba untuk mengumpulkan dana tambahan melalui saluran YouTube di mana ia memposting video dari dua kucing besarnya untuk sekitar 85.000 pelanggan.

"Saya selalu terpesona dengan kucing besar sejak menonton bintang film India Selatan favorit saya, Chiranjeevi, dalam sebuah film dengan macan tutul," ungkapnya.

Putra seorang ayah manajer bank dan seorang guru sekolah ini mengatakan dia selalu menjadi pecinta binatang dan memelihara anjing, kucing dan burung di rumah.

Usai lulus sekolah menengah dan perguruan tinggi, Giri mencoba berakting di peran kecil di opera sabun Telugu. Di Ukraina, dia telah melakukan bagian-bagian sebagai karakter "asing" dalam setengah lusin film dan seri lokal.

Dia menjelaskan perbatasan dengan Rusia hampir 80 km dari rumah, tetapi sulit untuk mencapai sana karena pasukan Rusia berada di wilayah tersebut. Meski ada pemadaman listrik intermiten dan kerusakan internet di lingkungannya, tetapi ia dapat memposting pesan video di media sosial secara teratur.

"Aku satu-satunya orang India di sini, dan pada malam hari aku sendirian di lingkungan. Sebagian besar tetangga saya pindah ke desa-desa terdekat. Saya akan bertahan," katanya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini