Share

Arab Saudi Eksekusi 81 Orang dalam Sehari, Terbesar dalam Beberapa Dekade

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 13 Maret 2022 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 13 18 2560793 arab-saudi-eksekusi-81-orang-dalam-sehari-terbesar-dalam-beberapa-dekade-IEw6pSNcr8.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

RIYADH - Arab Saudi mengeksekusi mati 81 orang, termasuk tujuh warga Yaman dan seorang warga Suriah, pada Sabtu (13/2/2022), kata kementerian dalam negeri negara itu. Ini adalah eksekusi massal terbesar kerajaan itu dalam beberapa dasawarsa.

Jumlah tersebut mengalahkan 67 eksekusu yang dilaporkan pada 2021 dan 27 eksekusi pada 2020.

Pelanggaran dari para terpidana berkisar dari bergabung dengan kelompok-kelompok militan hingga memegang "keyakinan menyimpang", kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

"Orang-orang ini, berjumlah 81 orang, dihukum karena berbagai kejahatan termasuk membunuh pria, wanita dan anak-anak yang tidak bersalah," demikian bunyi pernyataan itu sebagaimana dilansir Reuters.

"Kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang ini juga termasuk berjanji setia kepada organisasi teroris asing, seperti ISIS (Negara Islam), al-Qaeda dan Houthi," tambahnya.

Kementerian tidak mengatakan bagaimana eksekusi dilakukan.

BACA JUGA: Arab Saudi Pangkas Hukuman Mati dari 184 Menjadi 27 Eksekusi

Orang-orang itu termasuk 37 warga negara Saudi yang dinyatakan bersalah dalam satu kasus karena mencoba membunuh petugas keamanan dan menargetkan kantor polisi dan konvoi, tambah pernyataan itu.

Eksekusi massal kemungkinan akan mengembalikan perhatian pada catatan hak asasi manusia Arab Saudi pada saat kekuatan dunia terfokus pada invasi Rusia ke Ukraina.

Kelompok hak asasi manusia menuduh Arab Saudi memberlakukan undang-undang yang membatasi ekspresi politik dan agama, dan mengkritiknya karena menggunakan hukuman mati, termasuk untuk terdakwa yang ditangkap ketika mereka masih di bawah umur.

Arab Saudi membantah tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dan mengatakan mereka melindungi keamanan nasionalnya melalui undang-undangnya.

Kantor berita Arab Saudi SPA mengatakan terdakwa diberikan hak untuk mendapatkan pengacara dan dijamin hak penuh mereka di bawah hukum Saudi selama proses peradilan.

Kerajaan itu mengeksekusi 63 orang dalam satu hari pada 1980, setahun setelah gerilyawan merebut Masjidil Haram di Mekah, menurut laporan media pemerintah.

Sebanyak 47 orang, termasuk ulama terkemuka Muslim Syiah Nimr al-Nimr, dieksekusi dalam satu hari di 2016.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini