Share

Rusia Usir 85 Diplomat dari Prancis, Spanyol, dan Italia

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 19 Mei 2022 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 18 2596672 rusia-usir-85-diplomat-prancis-spanyol-dan-italia-dari-negaranya-7pMDtAPn8N.jpg Kedutaan Besar Prancis di Moskow, Rusia. (Foto: Reuters)

LONDON - Rusia mengatakan pada Rabu (18/5/2022) bahwa pihaknya mengusir total 85 staf kedutaan dari Prancis, Spanyol dan Italia sebagai tanggapan atas langkah serupa oleh negara-negara tersebut. Langkah Moskow ini menyoroti kerusakan hubungannya dengan negara-negara terkemuka Uni Eropa sejak pecahnya perang di Ukraina pada Februari.

Kementerian Luar Negeri mengatakan pihaknya telah mengusir 34 staf diplomatik dari Prancis, 27 dari Spanyol dan 24 dari Italia.

BACA JUGA: Diduga Mata-Mata, 43 Diplomat Rusia Diusir dari 4 Negara di Uni Eropa

Ketiga negara itu termasuk di antara negara-negara Eropa yang secara kolektif telah mengusir lebih dari 300 diplomat Rusia sejak invasi 24 Februari. Dalam banyak kasus, mereka menuduh diplomat Rusia melakukan kegiatan, tuduhan yang dibantah Moskow.

Bulan lalu Rusia telah memulangkan 45 staf Polandia dan 40 diplomat Jerman. Moskow juga telah mengumumkan gerakan balasan terhadap Finlandia, Rumania, Denmark, Swedia, Norwegia dan Jepang.

BACA JUGA: Duta Besar Sebut Diplomat Rusia di AS Terancam, Termasuk Ancaman Kekerasan

Perdana Menteri Italia Mario Draghi menyebut pengumuman Rabu oleh Moskow sebagai "tindakan bermusuhan" dan mengatakan saluran diplomatik tidak boleh diganggu.

Prancis mengatakan pihaknya menyesalkan langkah Rusia sebagai tanggapan yang tidak dapat dibenarkan atas keputusan Paris pada April untuk mengusir "beberapa lusin agen Rusia” yang bekerja dengan status diplomatik dan membahayakan keamanan Prancis.

Spanyol menolak keputusan Rusia karena tidak didasarkan pada prinsip timbal balik, dengan alasan "alasan keamanan yang dibenarkan" untuk pengusiran staf kedutaan Rusia dari Madrid bulan lalu.

Italia mengatakan stafnya selalu bertindak sesuai dengan Konvensi Wina tentang hubungan diplomatik.

"Dalam mengulangi kecaman tegas kami atas agresi terhadap Ukraina oleh Federasi Rusia, Italia sangat menuntut gencatan senjata segera yang akan mengakhiri penderitaan penduduk sipil dan menjamin dimulainya negosiasi konkret untuk solusi politik dan berkelanjutan untuk konflik tersebut," demikian disampaikan Kementerian Luar Negeri Italia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini