Share

Inggris Catat Suhu Tertinggi dalam Sejarah, Kacaukan Transportasi dan Picu Kebakaran

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 20 Juli 2022 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 20 18 2632802 inggris-catat-suhu-tertinggi-dalam-sejarah-kacaukan-transportasi-dan-picu-kebakaran-WlAuh2mhP9.jpg Tentara Inggris di tengah panas menyengat mengikuti upacara di Istana Buckingham, London, Inggris, 19 Juli 2022. (Foto: PA via Reuters)

LONDON Inggris pada Selasa (19/7/2022) untuk pertama kalinya dalam sejarah mencatat suhu tertingginya, 40 derajat Celcius. Cuaca panas ini dilaporkan telah menyebabkan jatuhnya korban dan memicu "gelombang besar" kebakaran dan kekacauan perjalanan.

Sebelumnya, Inggris pada Senin (18/7/2022) mencatat malam terhangat, diikuti dengan hari terpanas. Kantor cuaca Metropolitan pada Selasa pukul 12.50 mencatat suhu 40,2 derajat Celcius di Bandara Heathrow.

BACA JUGA: Panas Ekstrem Capai 40 Derajat Celcius, Inggris Umumkan Keadaan Darurat Nasional

Gelombang panas yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang telah diperlakukan sebagai keadaan darurat nasional. Pada Selasa dilaporkan terjadinya peningkatan tajam dalam jumlah insiden kebakaran di London, dengan beberapa di antaranya digambarkan sebagai "signifikan".

“Brigade Pemadam Kebakaran London baru saja mengumumkan insiden besar sebagai tanggapan atas lonjakan besar kebakaran di seluruh ibu kota hari ini. Ini penting: Brigade Pemadam Kebakaran London berada di bawah tekanan besar,” tulis Wali Kota London Sadiq Khan di Twitter sebagaimana dilansir RT.

Saat Layanan Kesehatan Nasional (NHS) memperingatkan korban terkait panas yang tak terhindarkan, beberapa orang telah menjadi korban dari cuaca yang terik ini.

Sejak Sabtu (16/7/2022), setidaknya lima orang telah tenggelam di perairan terbuka, kebanyakan dari mereka adalah remaja.

BACA JUGA: Panas Ekstrem Capai 40 Derajat Celcius, Inggris Umumkan Keadaan Darurat Nasional

Suhu ekstrem juga telah menyebabkan kekacauan transportasi.

Operator kereta api dan grup otomotif RAC meminta penumpang dan pengendara untuk menghindari bepergian kecuali jika "benar-benar diperlukan". Bagi mereka yang masih memutuskan untuk bepergian, peringatan telah dikeluarkan.

Network Rail, operator kereta Inggris, telah menerapkan batasan kecepatan terkait cuaca panas ini. Disampaikan bahwa ada kemungkinan terjadinya pembatalan, penundaan, dan perubahan menit terakhir pada perjalanan kereta.

Pada Selasa, lalu lintas kereta api di sejumlah besar rute dihentikan.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Suhu ekstrem menimbulkan risiko tidak hanya untuk rel besi tetapi, juga bagi beberapa konstruksi lainnya.

Rantai Jembatan Hammersmith yang berusia 135 tahun di London terlihat terbungkus foil isolasi perak yang seharusnya mencegahnya dari panas berlebih. Rantai jembatan harus dijaga pada suhu di bawah 13 derajat Celcius di musim panas. Jika salah satu dari mereka mencapai 18C, insinyur keselamatan harus menutup jembatan untuk pengendara sepeda dan pejalan kaki.

Jembatan, yang ditutup total selama dua tahun hingga baru-baru ini, tetap ditutup untuk semua lalu lintas motor sambil menunggu perbaikan.

Hampir seluruh Eropa sekarang menderita suhu ekstrem, dengan Spanyol dan Portugal telah melaporkan lebih dari 1.000 kematian terkait panas selama seminggu terakhir. Di Inggris, serta di negara tetangga Prancis, suhu diperkirakan akan mereda pada Rabu (20/7/2022).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini